Wednesday, June 21, 2017

Gaijin Story #9 - V-Preca, Kartu Kredit Pra-bayar di Jepang


Kartu kredit mungkin adalah metode pembayaran paling populer di dunia saat ini, termasuk di Jepang. Hampir semua transaksi di negeri sakura mendukung pembayaran dengan kartu kredit, baik on-the-spot maupun via online. Namun, mendapatkan kartu kredit di Jepang bukan hal yang mudah, terutama bagi gaijin (foreigner). Selain proses screening yang ketat, aplikasi kartu kredit di bank juga butuh kemampuan bahasa Jepang yang cukup, dan penolakan aplikasi oleh bank juga tidak jarang terjadi. Umumnya, foreigner yang ingin mendapatkan kartu kredit akan membawa temannya yang orang Jepang untuk membantu komunikasi dengan pihak Bank.

Nah, salah satu hal menarik yang saya temui di Jepang adalah kartu kredit pra-bayar. Ya, pra-bayar dan bisa diisi ulang seperti pulsa ponsel yang ada di Indonesia. Kartu kredit jenis ini bisa dibeli dengan mudah di berbagai convenient store dalam beberapa nominal, mulai dari 2000 - 10000 Yen, dan tentu saja, tidak perlu aplikasi yang ribet seperti di bank. Tinggal bayar di kasir, isi via website dan anda langsung bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi. Sayangnya, kartu kredit jenis ini hanya bisa digunakan untuk transaksi online.

Voucher V-Preca
Salah satu kartu kredit pra-bayar yang saya gunakan di Jepang adalah V-Preca (Lifecard), yang bisa digunakan untuk transaksi di berbagai merchant online yang menerima pembayaran dengan kartu kredit VISA. Walaupun namanya kartu kredit, tapi V-Preca ini lebih mirip voucher. Untuk bisa menggunakannya, kita perlu melakukan registrasi via website dan memasukkan kode yang ada pada voucher tadi sebelum menggunakannya untuk transaksi. Untuk proses registrasi, anda harus memiliki nomor telepon Jepang yang bisa dihubungi, karena kode konfirmasi akan dikirimkan via SMS.

Kartu V-Preca Gift
Bagi yang tidak punya nomor telepon Jepang, tersedia juga V-Preca Gift dalam bentuk kartu yang bisa langsung digunakan untuk transaksi, namun hanya sekali pakai dan nominalnya berbeda dengan V-Preca biasa.

V-Preca bisa digunakan untuk transaksi online di dalam maupun luar Jepang, misalnya di Amazon.com atau ETS (untuk test TOEFL/GRE). Hal penting yang perlu diperhatikan, pada beberapa situs yang membutuhkan registrasi kartu kredit (untuk pembayaran berkala), V-Preca tidak bisa digunakan, karena nomor kartunya akan berubah setiap kali diisi ulang. 

Keunggulan V-Preca:
  • Bisa dibeli di berbagai convenient store
  • Bisa digunakan pada berbagai merchant online yang menerima pembayaran dengan VISA
  • Registrasi mudah dan disposable, cocok bagi foreigner/mahasiswa asing
  • Tidak ada bunga atau biaya aneh-aneh, jadi tak perlu khawatir belanja berlebihan atau debt collector ;-)
  • Bagi yang tidak punya nomor telepon Jepang, bisa menggunakan V-Preca Gift Card
Kekurangan V-Preca:
  • Hanya untuk transaksi online
  • Nominal yang terbatas
  • Tidak bisa digunakan untuk pembayaran berkala, misal untuk fee registrasi bulanan di Yahoo!Auction.
  • Website untuk registrasi/isi ulang, 90% dalam bahasa Jepang
Website V-Preca : http://vpc.lifecard.co.jp/en/

No comments:

Post a Comment