Tuesday, October 2, 2007

PES 2008 Demo ~ Game Bola Terbaik ?

PES 2008 Title Screen 

Sebelum mencoba versi penuh yang baru akan dirilis akhir oktober ini, nggak ada salahnya kita mencoba versi demonya dulu. Menurut berbagai sumber yg banyak beredar di internet, Pro Evolution Soccer 2008 (PES 2008) disebut-sebut bakal menjadi game sepakbola revolusioner (kalo nggak bisa dibilang terbaik) tahun ini. Selain tampilan grafis yang makin realistis, terdapat banyak fitur tambahan di sisi gameplay, salah satunya adalah fitur TeamVision. Fitur ini merupakan sistem AI baru pada seri PES yang memungkinkan team lawan (AI Komputer) bereaksi dan mempelajari pola serangan yang dilakukan pemain. Ini artinya pemain bakalan susah menerapkan taktik yg sama secara berulang-ulang. Misal, kalo anda biasa pake gaya main bola lewat sayap (gaya textbooknya PES emoticon), komputer akan mempelajari taktik anda dan pemain lawan akan menjaga habis-habisan pemain sayap yg sering anda kasih bola. Nah lo ...

Players Detail in PES 2008 

Ok. Cukup teori nya. Harus dibuktikan dulu benar ato nggaknya. Sebelum bisa main, tentunya kita harus download dulu demonya, kan. Bicara soal download, lebih baik anda sebelumnya menyiapkan koneksi internet yg cukup cepat, soalnya ukuran file setup demo PES 2008 lebih dr 1 GB. Jrit, kalo file demonya aja 1 giga, game penuhnya berapa giga ya ?

Anda bisa download file setup demo PES 2008 di website resmi Konami atau lewat situs-situs file hosting, misalnya di link ini.

Kalo udah diunduh, sekarang waktunya instalasi. Oh iya, sebelum menginstall pastikan anda punya space kosong yg lumayan besar di drive C: (pokoknya drive tempat anda menginstall Windows). Kemarin gw sempat berpusing-pusing ria gara-gara masalah instalasi ini. Konami emang nggak bilang apa-apa tentang cara menginstall demo PES 2008, tp kalo dilihat dr file setup yg ukurannya sampe 1 GB, bisa dipastikan kalo space di drive C kurang dr 1 GB, anda nggak akan bisa menginstall demo game ini. Kemarin aja, gw berkali-kali gagal melakukan instalasi karena pas ekstraksi file setup, space di drive C nggak cukup. Setelah menghapus beberapa program, baru gw baru bisa menginstall demonya. Kira-kira dibutuhkan sekitar 3,5 GB di drive C : (cuma) untuk ekstraksi setup pada saat instalasi. Itu belum termasuk space buat instalasi game itu sendiri, entah di drive C atau drive yg lain. Jadi siapkan aja space sekitar 5 GB buat instalasi supaya aman. Ribet ? Emang.

PES 2008 Selection Screen 

Kalo kesan pertama pas instalasi aja udah 'berat', biasanya gamenya juga bakalan 'berat'. Benar saja, waktu masuk ke title screen, animasinya aja sudah bikin VGA gw megap-megap. Kalo di PES6, VGA GeForceFX5200 128MB gw masih bisa jalan mulus dengan kualitas medium, sekarang cuman bisa jalan bagus di kualitas low. Jadi kalo anda mau main game ini dengan mulus, paling nggak siapkan VGA card dengan memori 256MB ke atas.

PES 2008 Formation Screen 

Secara umum tampilan game PES 2008 versi demo enak dilihat mata. Menu awal di game ini sedikit mengingatkan gw dengan game-game keluaran EA Sports di mana judul soundtrack juga dikasih lihat di sisi layar. Bisa dibilang PES 2008 adalah 'vista'-nya seri PES emoticon, ini bisa dilihat dari menu navigasinya yg rada gelap, transparan dan glassy, khas Aero theme di Windows Vista. Untuk versi demo, pemain cuma dikasih kesempatan menjajal exhibition match dengan 6 timnas yg ada, yaitu : Brazil, Argentina, Portugal, Spanyol, Perancis dan Turki. Game setting juga masih dibatasi pada pengaturan difficulty. Lama permainan cuman sampe 5 menit dan tanpa komentator.

PES 2008 Game Settings 

Gameplay game ini sebenarnya nggak jauh beda dengan PES6, cuman gerakan pemainnya kelihatan lebih luwes, terutama pas mengolah bola atau jatuh ditekel lawan. Cuman .... kok kayaknya ada beberapa animasi yg rada kaku ya, misalnya pas pemain sprint dan membawa bola kok kayaknya culun amat emoticon, masih bagusan di PES6 kayaknya. Bola sekarang lebih gampang lepas di kaki, walaupun nggak ada pemain lawan yg merebut, kadang-kadang tu bola ngacir sendiri pas dibawa lari. Kadang pas lari atau mau ditendang bolanya ketinggalan di belakang, jadi tergelak-gelak sendiri gw ngeliatnya.

Assistant Referee 

Kalo anda menggunakan kualitas grafis medium, ada beberapa tampilan tambahan yg lumayan menarik buat dilihat. Misalnya aksi suporter atau ekspresi pelatih di bench setiap anda menekan tombol pause. Satu yg menarik perhatian gw adalah munculnya hakim garis di seri PES kali ini. Kalo di seri-seri sebelumnya asisten wasit ini nggak pernah kelihatan, kali ini kita bisa melihat 'sosok misterius' itu beraksi di pinggir lapangan. Sayangnya si hakim garis ini cuma muncul kalo kita pake kualitas medium. Wasit di PES 2008 kurang lebih masih sama di PES6, sama brengseknya maksudnya ... hehehe... Lawan di jegal dikit udah ngasih kartu kuning, padahal kalo kita yg dijegal malah dibiarkan.

PES 2008 Replay 

Bicara soal gameplay, fitur TeamVision emang udah kerasa di seri ini. Tapi kok kayaknya nggak terlalu ngaruh ya ? Apa gw nya aja yg udah terlalu jago main PES .... hehehe ... Bukannya sombong ya, sejak PES 6 gw emang nggak biasa pake strategi monoton lewat sayap, makanya walaupun sekarang pemain sayap gw dijaga habis, gw masih bisa main ofensif lewat tengah pake tembakan-tembakan jarak jauh. Cuman sekarang tendangan jarak jauhnya nggak sedahsyat di PES6, power gaugenya juga lambat naik, makanya tendangan gw lebih gampang diblok lawan.

PES 2008 Loading Screen 

Sekarang soal kiper. Kok kayaknya kiper di PES 2008 lebih bloon dari pada PES6 ya ? Kalo di PES6 kiper-kipernya pada sakti semua, kadang gw stress buat ngejebol gawang lawan. Di PES 2008, kayaknya lebih gampang ngejebol gawang pake bola rendah (kayak PES4). Untuk urusan replay, jumlah kamera udah ditambah, kita bisa melihat gol dr banyak sudut. Cuman, kayaknya Konami masih lupa menambahkan replay kalo jumlah gol dalam satu pertandingan lebih dari 6 gol. Misal kita menang 7-0, maka gol pertama nggak akan ditampilkan di replay.

Kesimpulannya, sebagai seri terbaru PES, game ini wajib buat dicoba, walaupun butuh spek PC yg lumayan tinggi. Cuman, kalo spek anda masih pas-pasan, mending tetap main PES6 aja, soalnya menurut gw masih banyak kekurangan di seri terbaru ini kalo dibandingkan dengan seri sebelumnya.

--------------- 

PES 2008 Min Specs (demo only):

  • Processor Pentium 1,4 GHz or compatible
  • RAM 512 MB
  • Video Adapter ATI Radeon/GeForce3 128 MB or higher (GeForce 2/4MX not supported)
  • 3,5 GB HD space for setup extraction + 1,5 GB for installation files

58 comments:

  1. wah, keren nih gamenya..saya mau coba ah :)
    btw mampir ke tmpt saya yah...www.bolanova.com ( ini bukan situs lho, melainkan blog bola Indonesia )

    keep on writing bro..

    ReplyDelete
  2. Langsung aja cari Bajakannya ada ndak om? :D

    ReplyDelete
  3. Kayaknya versi penuhnya blom ada di Indonesia, bro. Tunggu cracknya dibuat dulu :lol:

    ReplyDelete
  4. gw barusan nyewa gemnya di rental, tp kayanya spek gw g kuat baca dari atas hehehe:D
    sial

    ReplyDelete
  5. Yup, gamenya emang berat. Soalnya game ini khusus dirancang buat PS3, walaupun masih bisa dimainkan dengan PS2 atau PC.

    ReplyDelete
  6. kereeenn...bwt km yg gl game bola jgn smp ketinggalan.g papa deh biar bajakan1!!!

    ReplyDelete
  7. Keren abiss,..tapi game ini butuh ram lumayan gede terutama kalo lo pake Win Vista.
    Gw pake ram 1Gg & VGA HIS Radeon X1650 Pro GDDR3 bisa jalan dengan sangat mulus dgn High Quality Grafik di XP SP2. Sedangkan ketika gw nyoba di Vista Ultimate dengan High Quality Grafik ada sedikit masalah dengan Frame Rate nya, kecuali di turunin kualitas grafik nya ke medium maka game ini akan jalan tanpa masalah. Dan ternyata solusi lainnya adalah dengan menambah minimal 512Mb ram. Dan game ini pun bisa jalan mulus dengan High Quality.
    Official Patch nya udah keluar sekaligus crack nya, selamat mencoba...

    ReplyDelete
  8. wah udah jagoan nih maennya, jadi tertarik menantang situ(yg punya blog), klo di pes 6 ak gak terkalahkan lho, padahal cuma pake Lyon, cma klo pes2008 nih susah klo pake tim kecil, tuh bilangin sama yang bikin masa adriano sama ibrahimovic susah banget ngrebut bolanya, buat yg tertarik maen sama ak boleh aja eamail aja ke alamatku, oya satu lagi ak tinggal dijogja......

    play beautiful with soccer
    soccer for all

    ReplyDelete
  9. Oya tambahan nih, kalo maean biasanya ak pake 3 strategi dalam satu pertandingan, strategi menyerang saat menyerang dengan 3 striker 4-3-3, sedang dlm keadaan biasa 4-2-3-1, waktu bertahan 4-5-1, ampe temenku bingung kok bisa ya pertahannya 10 orang dikotak pinalty?, hehehe, pas menyerang sayap-sayapku selalu hidup karena dimarkingpun percuma, posisi berubah pada saat berthn dan menyerang hehehe, cma bingungnya waktu corner kok COM gampang bgt mencetak gol lewat crossing ya, padahal kalo ak yg Corner jarang bgt cetak gol, payah nih........, banyak bgt kelemahnnya, tpi masak kita gak ngikutin perkembangan duh KONAMI gimana sih, masa produk baru kelemahannya bertambah nggak berkurang sih..............

    ReplyDelete
  10. Aku udah coba install.....dr sisi tampilan asyik banget....ak nie pake core 2 duo E4500, ram 1gb, trus vga NVIDIA 512mb...itu pun masih ada gerakannya yg lambat/putus2...karena apa ya om??help me.....oh ya ada satu game yang lebih berat lagi.... Collin Mc ray DIRT...wah spec nya gileee....RAm nya minta 2gb, VGA nya diatas 2 gb....kl nuruti game c ga bakalan habis.....yg abis duitnya...tiap hari harus up grade... :)) .....he...he..
    ok..salam kenal aja....

    ReplyDelete
  11. @ Onal : Kayaknya DVD PES2008 yg beredar di Indonesia semuanya bajakan deh ... hehehe ....

    @ Dede : Wah, spek komputernya keren banget nih. Salam kenal jg.

    @ Abhe : Wah. Gw nggak jago-jago amat kalo main PES6. Kalopun jago, paling itu kalo lawan komputer. Lumayan bisa bantai-bantai komputer lah pokoknya ... hehehe ...

    @ Dido : Settingan Videonya pake yg High kali ya ? Atau mungkin lg ada program yg jalan di background kayak Antivirus dll ? Harusnya spek segitu sudah mantap buat main PES 2008.

    ReplyDelete
  12. Game PES 2008 menurut gw udah bagus sih, tapi kayaknya ada beberapa pemain yang kurang mirip menurut gw, n sebagai tambahan apa option file untuk fix nama-nama klub di liga inggris udah ada?, juga untuk nama-nama pemain timnas yg ternyata belum betul semua, kaya nama-nama pemain di timnas jerman, apa ada yang tau dimana alamat untuk download option filenya untuk menyempurnakan nama2 list klub dan pemain tersebut?

    ReplyDelete
  13. To Dirga :
    download optin file bisa di gammingaccess.com

    To All:
    Ada yang tau tip & trik nya gak, bagi-bagi dong.....

    ReplyDelete
  14. PES 2008????
    keren si,,,di vga yang punya pixel shader 4.0
    bisa seting high quality dan resolosi 1280*1024 pixel.
    kalo ram vga g rasa ga ngaruh tuh!!kompi g pake vga nidia 8600gts 256 gddr3 ama ram 2gb ddr2.
    asal chipset vga yang di pake itu oke game pes 2008 bakal bertekuk lutut.buktinya dgn ram vga yang cuma 256mb tapi udah ddr3 dengan chipset nvidia 8600gts main mulus tanpa gangguan.oh ya jangan terpaku ama besar memori vga yaaaa!!!!yang penting chipset vga nya bossss!!!!

    ReplyDelete
  15. iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii

    ReplyDelete
  16. iiiiiiiiii.......pnGgila Soccer.......^^^^^^
    Gw mau nanya'ni tTng pes8,knp pes8x Q ngg bs main yaee.....
    help me...please............

    ReplyDelete
  17. Official Patch nya udah keluar sekaligus crack nya, selamat mencobaE
    ---------------------------------
    Mau dong, ada linknya nggak buat didonlot. Soale lagi nggak tinggal diIndonesia neh, kalo beli disini ga ada bajakan. Sayangkan kudu keluar 6.000 yen buat 1 keping DVD.

    ReplyDelete
  18. PES6 gw dah jago sapa mo lawan gw.....

    ReplyDelete
  19. kenapa ya, gak bisa maen berdua temen di menu CUP :(
    ada teme2 yg punya ide ?

    ReplyDelete
  20. wah....
    gila...
    keren banget wining barunya nih....
    aq mau beli de.....
    brp hrg kasetnya?(cuma nanya)

    ReplyDelete
  21. bro knp yah sy install patch 0.50 malahan comentarry nya gak kluar suaranya ...ada yg tau gak solusinya thx...

    ReplyDelete
  22. atw ada yg punya patch baru...kasih info donk...

    ReplyDelete
  23. mau tanya ,,,tapi tolong d balas cepat ya...............
    vga yg untk pes 2008 dengan setting HIGH semua apa ya???apa Geforce 7300 gt bisa????n klu geforce 8500gt juga bisa tolong dijawab ya,,,thanks

    ReplyDelete
  24. gw nyerah deh main PES 2008
    Wasitnya nDeso, kampungan, Kurang ajar, berat sebelah.
    mending PES 6 aja deh

    ReplyDelete
  25. waduhhh game ini keren abizzz, gw aja agk kesulitan jebol gawang lawan, pokoknya seru dehh

    ReplyDelete
  26. ayo,,, siapa yg brani lawan gw main ps2?

    ReplyDelete
  27. keren coy.. tapi kenapa ya komputerku sering eror...
    gambar tiba-tiba gak mau gerak..
    padahal komputerku dah pake vga yang 256mb, ram 1gb, dan hardis sisa buanyak?.....

    ReplyDelete
  28. eh,spesifikasi laptop gw dah cukup buat pes, tp kuq waktu extract file loadingna lama banget, habis itu kuq gak bisa

    ReplyDelete
  29. Bagus game ini...Saya amat senang sekali dengan game bola sepak ini.

    ReplyDelete
  30. iya gm cara setting komentator pro evo socc 08 yang hilang ya?

    ReplyDelete
  31. iya lupa..d pro evo socc 08 pc

    ReplyDelete
  32. bang mana kalau kita mau nge download game ini untuk di0 komputer kan jarang tu game kayak gini tampil di komputer

    ReplyDelete
  33. ku pengen main game bola tapi gratis?

    ReplyDelete
  34. muhammad faiq yuniandriMarch 26, 2009 at 9:42 PM

    gimana caranya buat ngedownload game PESS 2008 secara gratis

    ReplyDelete
  35. niohg'wenwkngweipghwuioeif9wefhwihjefhsfkjhsijdfbsnjdskjvs;dvbwuiw

    ReplyDelete
  36. hf;wuofhaoehugqueof9g[qe'ofiqbekfhqeiofwyhfugdbhskjdfsbdug8awp7

    ReplyDelete
  37. Hmm.. klo kira kira speed koneksi nya 100 mb.. gmna mas ?
    apa game ini bisa nambahin beban biaya g mas ??

    ReplyDelete
  38. Thank you for the good text about this topic. That is good to buy essay about this post.

    ReplyDelete
  39. gimana cara setting pemain pada saat masuk ke menu walaupun harus pakai tim2 yg ga terkenal???trs gmn juga kl menggunakan cheatnya???

    ReplyDelete
  40. hmm thanks for info..wajib dicoba neh game nya :D

    ReplyDelete
  41. Bro, ada yg bsa bantu gak? PES 2008 Punya ku gak bsa di instal, soalny setup.exe ny di makan antivirus. . . Tlong krimkan setup.exe nya ke dimas_chidori16@yahoo.com


    kalau dah di krim tlong sms ke 085758458670 donk. . . Trims

    ReplyDelete
  42. keren emang, gw masih suka iseng main kalo capek trading

    ReplyDelete