Wednesday, April 18, 2012

Bermain Age of Empires 2 : The Conquerors Resolusi Tinggi di Windows Vista/7

Bagi anda yang sudah lama mengenal game-game RTS pasti tidak asing dengan nama ini : Age of Empires. Game RTS produksi Mircosoft-Ensemble Studios yang pernah begitu populer pada dekade 90an - awal 2000an. Walaupun saat ini pamor AOE makin pudar dengan makin banyaknya game RTS generasi baru yang bermunculan, namun saya yakin pasti ada sejumlah gamer yang masih jatuh cinta dengan AOE, termasuk saya. Dari sekian banyak seri AOE, Age of Empires 2 : The Conquerors (AOE2TC) menurut saya adalah yang terbaik, terutama pada sisi gameplay. Saya bisa menghabiskan waktu setengah hari cuma untuk bermain game ini.

Sayangnya, tampilan AOE2TC bila dimainkan pada Windows Vista/7 tidak sebaik apabila bila dimainkan di Windows XP/2000/98. Ada beberapa warna yang 'kacau' dan tidak nyaman dilihat mata, selain itu resolusi maksimum yang didukung game ini masih terbatas, walaupun VGA card anda mampu menampilkan resolusi di atas 1200 x 800 pixel.


 Untuk bisa memainkan AOE2TC dengan resolusi tinggi dan skema warna normal butuh trik khusus. Yang paling sederhana adalah dengan menonaktifkan tema Aero pada Windows Vista/7. Namun trik ini hanya berlaku untuk menampilkan skema warna asli AOE2TC, sehingga tidak terlihat kacau ketika dimainkan pada Windows Vista/7, tanpa meningkatkan resolusi game itu sendiri.

AOE2TC yang saya mainkan dengan OS Windows Vista Resolusi 1280 x 800 pixel

Anda bisa mencoba cara berikut untuk bermain AOE2TC dengan resolusi tinggi (berlaku juga untuk widescreen) :

  • Download patch untuk AOE2TC resolusi tinggi di sini. Perlu diperhatikan, bahwa patch ini hanya bekerja pada versi No-CD, baik itu untuk versi 1.0c maupun 1.0e.
  • Setelah didownload, install patch tersebut pada suatu folder di harddisk. Di mana saja boleh.
  • Setelah proses instalasi, masuklah pada folder tersebut, dan salin seluruh filenya ke folder di mana AOE2TC terinstall. Misalnya : E:\3. Games\3.1. RTS\aoe2.
  • Setelah disalin, klik dua kali file : AoE2Wide.exe. Tunggu sampai proses selesai. Patch akan membuat file batch yang sesuai dengan resolusi desktop yang anda gunakan saat itu. Bila proses berjalan lancar, file batch ini dapat anda temukan pada folder yang sama dengan sebelumnya. Nama filenya misalnya : AoC1.0c 1280x800.bat. Anda juga bisa menemukan file ini pada desktop.
  • Klik dua kali file batch tersebut (bukan shortcut AOE2TC sebelumnya) dan anda akan dapat memainkan AOE2TC dengan resolusi sesuai dengan yang anda gunakan saat ini.
Catatan : 
Kalau resolusi desktop yang anda gunakan di bawah 1200 x 800 pixel, efeknya tidak akan berbeda dengan bermain AOE2TC tanpa patch.

10 comments:

  1. Tanks yah, Ini sangat membantu...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Coba lagi gan. Dah diupdate linknya.
      Atau langsung klik : http://www.mediafire.com/download/91eer73pbaxppaa/AoE2WideSetup.msi

      Delete
  3. Gan udah coba tp ko ga bsa pake resolusi 1280x1024? Gmn dong penceraahanya?

    ReplyDelete
  4. Gan udah coba tp ko ga bsa pake resolusi 1280x1024? Gmn dong penceraahanya?

    ReplyDelete