Saturday, April 21, 2012

Ketika Adsense Tak Muncul di Google Chrome


Ini kejadian konyol tapi nyata. 

Kisahnya dimulai beberapa hari yang lalu. Saat itu, blog ini masih dalam tahap persiapan untuk diluncurkan ke dunia maya. Saya menyiapkan segalanya, mulai dari posting, gambar, link, shoutbox, widget, termasuk adsense. Yup adsense. Walaupun IQ bisnis saya jongkok, yah ... bolehlah iseng coba-coba pasang iklan di blog, siapa tahu ada pengunjung yang berhati emas yang rela meng-klik salah satu iklan tersebut ... ehm (ini bukan promosi ya).

Singkat kata, saya coba kembali menggunakan account adsense milik saya yang sudah lama mati suri. Mati suri karena zaman dahulu kala, layanan adsense untuk wilayah Indonesia masih terbatas, masih belum ada dukungan untuk adsense for content, adanya baru adsense for search. Mungkin para petinggi google menyadari kekhilafannya karena pengguna internet di Indonesia makin lama makin banyak. Mulai dari anak TK sampai kakek-nenek, hingga akhirnya dukungan adsense for content berlaku juga untuk netters Indonesia.


Saya mencoba mengaktifkan adsense untuk blog ini, semua ok, tapi ada satu hal yang aneh. Kok iklannya nggak nongol-nongol, baik itu di blog maupun di bagian desainnya ? Anehnya, ini hanya berlaku untuk google chrome. Kalau saya menggunakan browser lain, seperti Firefox atau IE, iklan-iklan ini akan bermunculan. Lha gimana ini mau setting adsense kalo yang bersangkutan nggak nongol ?

Saya coba hapus cache chrome, cookies dan data lainnya, tapi masih juga nggak ngaruh. Berjam-jam saya ngulik-ngulik chrome, masih juga gagal. Sampai akhirnya saya menyerah dan memilih 'pindah ke lain hati' ke browser cinta pertama saya : Firefox. Saya nggak habis pikir, kenapa google yang notabene adalah pencetus adsense malah mengabaikan darah dagingnya sendiri untuk nongol di chrome.



Setelah tiga hari menggunakan Firefox, sesuatu rasanya mengetuk kepala saya. Jangan-jangan ... ini semua ulah extension chrome ? Saya coba buka setting chrome, dan mematikan extension Ad Block Plus yang selama ini jadi teman setia saya dalam menghalau iklan-iklan yang banyak bertebaran di internet. 

Saya matikan Ad Block Plus, dan refresh blognya. Iklan adsense saya pun muncul !


TEPOK JIDAT ! 

4 comments:

  1. ini sama dengan pengalaman saya sob, saya coba cara sobat mudahan2 berhasil,,,,tapi klo di browsing kita sendiri bisa kita setting trus bagaimana dengan visitor blog yang lainnya apa mereka tiap buka situs harus utak atik extension chrome dulu kwkwkkw

    ReplyDelete
  2. kalo punyaku kok gak muncul di firefox ya gan, tapi kalo pake chrome bisa muncul?...

    ReplyDelete
  3. Baru aj mengalami ini, thanks kak.

    ReplyDelete
  4. Thank you, gan. Ternyata simple aja yah solusinya.
    Btw, tapi gimana ya jika gara2 adblock dkk nya didelete, iklan2 yg seabrek2 muncul dan mengganggu lagi ( hampir full satu halaman yg sangat mengganggu

    ReplyDelete