Wednesday, April 11, 2012

DOSBox - Si Emulator Game Jadul


Video Game. Satu-satunya 'penyakit' saya yang paling parah dan belum bisa sembuh-sembuh sampai umur 30 sekarang ini. Nggak di rumah, nggak di kantor, baik ketika sendiri maupun pas lagi bareng pacar, saya selalu menyempatkan diri untuk main game, walaupun cuma sekedar 5 menit. Saya tahu kalo hobi yg satu ini sebenarnya kurang bagus, apalagi buat yg sudah 'berumur' seperti saya. Tapi mau gimana lagi, game sudah seperti candu, susah buat berhentinya.

Berkat game-lah, saya bisa berkenalan dengan mesin ajaib bernama PC, 20 tahun silam. Berkat game juga, saya yang awalnya punya cita-cita menjadi pilot sampai rela 'pindah haluan' menjadi seorang engineer. Saya nggak tau kalo ada di antara pembaca sekalian yang 'sealiran' dengan saya (baca:maniak game sampe jadi om-om ), cuma seringkali menarik untuk sedikit bernostalgia dengan game-game lawas pada akhir tahun 80-an sampai awal 90-an,  di saat dunia perkomputeran masih dalam masa-masa 'kegelapan', belum ada yg namanya desktop, Windows, folder, kursor tetikus dan lain-lain. Yang ada hanyalah layar monitor gelap dengan prompt "C:>". Inilah zaman-zaman di mana DOS (Disk Operating System) menguasai PC di seluruh dunia.


Saat itu teknologi komputer memang rata-rata masih 8-bit sampai 16-bit, tampilannya masih 256 warna (kadang masih ada yg cuma 16 warna), tapi saat itu video game (di PC) masih terbilang jarang kalau dibandingkan dengan video game console seperti Atari, NES, SEGA dan sebangsanya. Dan buat saya pribadi, game-game lawas banyak menyisakan kenangan indah masa kecil yang nggak mungkin bisa saya lupakan. Itu sebabnya, main game lawas seringkali memberikan kesenangan tersendiri buat 'om-om' seperti saya.

Memainkan game lawas di PC modern bisa dibilang, well ... gampang-gampang susah. Tentu saja kita tidak bisa asal klik dua kali pada shortcut seperti halnya game-game sekarang, karena game lawas kebanyakan berbasis perintah DOS dan arsitektur PC saat ini sudah jauh berbeda dengan PC zaman dahulu kala. Pada kondisi seperti ini, DOSBox bisa menjadi solusinya.

Kalau anda familiar dengan MAME, Kawaks, EPSXE, Nebula dan semacamnya, saya yakin anda sudah tidak asing dengan istilah Emulator. Sesuai namanya, emulator adalah suatu program khusus yang bisa melakukan emulasi atau meniru/menyamai suatu sistem tertentu, dalam hal ini game. Dengan MAME misalnya, anda bisa memainkan game-game pada mesin arcade (yang biasa kita sebut ding-dong), misal Street Fighter, King of Fighter dll, di PC anda. Contoh lainnya adalah EPSXE, di mana anda bisa memainkan game Playstation di PC. Dengan kata lain, anda bisa main game playstation tanpa harus beli console dan CDnya. Hemat dan praktis (dan gratis pastinya), itulah keuntungan utama menggunakan emulator.

DOSBox kurang lebih sama prinsipnya dengan emulator-emulator di atas. Dalam hal ini, DOSBox akan melakukan emulasi DOS, sehingga si game lawas akan 'menganggap' bahwa PC canggih anda menggunakan sistem operasi DOS yg jadul, dan game tersebut akhirnya bisa dimainkan. Anda hanya membutuhkan file-file game yang ingin anda mainkan, dan DOSBox. Karena yang diemulasikan adalah sistem berbasis perintah (command base), DOSBox membutuhkan sedikit pengetahuan akan perintah-perintah DOS (dan sedikit UNIX). Tapi tenang saja, DOSBox sama sekali tidak sukar untuk dipelajari dan digunakan. Berikut adalah screenshot game Prince of Persia yang saya mainkan dengan DOSBox pada laptop Dell 1318 dengan OS Windows Vista.



Prinsip utama untuk menggunakan DOSBox adalah Mount and Run. Yang pertama kali harus dilakukan adalah 'mount' pada direktori/folder dari game yang ingin dimainkan. Pada proses ini, DOSBox akan mengemulasikan sistem DOS pada direktori tersebut. Setelah proses mount berhasil, anda bisa langsung menjalankan game tersebut dengan mengetikkan nama file eksekusinya, biasanya dengan ekstensi EXE, COM atau BAT.

Kelihatannya memang ribet kalau kita selalu melakukan langkah-langkah di atas setiap kali ingin bermain game. Tapi dengan sedikit modifikasi, anda bisa melakukan konfigurasi tambahan pada DOSBox untuk langsung menjalankan game tertentu tanpa harus mengetikkan berbagai macam perintah. Anda juga bisa membuat file batch (BAT) khusus untuk tiap game dan meletakkan shortcut ke file tersebut di desktop, sehingga anda bisa langsung memainkan beberapa game berbeda lewat desktop. Di internet juga tersedia beberapa programfront-end khusus yang bisa digunakan untuk menjalankan game tanpa harus melakukan konfigurasi yang rumit pada DOSBox.

Ingin mencoba ?

DOSBox bisa diunduh secara gratis di : http://www.dosbox.com/. Game-game DOS lawas bisa anda peroleh di : http://www.dosgames.com/

Selamat bernostalgia ... 

No comments:

Post a Comment