Monday, April 16, 2012

Selamat Tinggal Blogsome ...



Finally, it happened ...

Setelah 6 tahun menggunakan Blogsome, mulai hari ini saya resmi pindah ke Blogger. Itu artinya, saya kembali ke layanan blog yang paling awal saya gunakan. Saya mulai ngeblog sejak mahasiswa, tepatnya tahun 2004, dan sejak saat itu saya sudah berganti layanan blog 3-4 kali. 

Blogger adalah blog hosting pertama yang saya gunakan (http://ace108.blogspot.com). Saat itu Blogger belum diakuisisi oleh Google, dan fitur blognya masih sangat terbatas dibandingkan saat ini. Pada tahun 2005, Friendster sangat populer, dan saya tergoda untuk mencoba fasilitas blognya. Sayangnya, seiring dengan meredupnya popularitas Friendster, fitur blog Friendster juga kurang memuaskan saya. Dan akhirnya, saya pindah lagi ke Blogsome.

Di Blogsome, saya menemukan apa yang saya butuhkan. Akses yang jauh lebih cepat (iklannya tidak sebanyak Blogger), antarmuka yang lengkap dan mudah (antarmuka Wordpress sangat fenomenal saat itu), serta privasi yang lebih terjaga (dibandingkan Friendster). Lebih dari 200 tulisan saya buat selama menggunakan Blogsome, dan sebagian besar merupakan catatan berharga dalam kehidupan saya selama 6 tahun terakhir.

Seiring perjalanan waktu, fitur-fitur yang ditawarkan Blogsome semakin tertinggal dibandingkan layanan blog lainnya, sementara antarmuka Wordpress yang digunakannya tidak diperbaharui lagi. Beberapa kali saya tergoda untuk berpindah layanan blog, namun karena merasa sayang dengan apa yang sudah diberikan  Blogsome, saya urungkan niat itu.

Sayangnya, sejak Jumat kemarin, blog saya di Blogsome tidak bisa diakses sama sekali. Saya agak panik juga karena belum sempat membuat backup untuk semua tulisan saya, ditambah lagi ada pernyataan dari Blogsome sendiri bahwa layanan blognya akan dihentikan. Saya mencoba mengakses forum Blogsome, namun selalu gagal. Tidak ada pilihan lain, kecuali berpindah layanan blog. Untungnya, minggu malam blog saya di Blogsome bisa diakses dan backup berhasil dibuat.

Setelah beberapa kali percobaan, saya putuskan untuk kembali ke Blogger. Tadinya saya berniat menggunakan Wordpress, sayangnya, notifikasi di Wordpress ketika proses impor lumayan menyebalkan, sedangkan saya tidak punya banyak waktu. Dan akhirnya, saya kembali lagi ke Blogger. Tentunya fitur Blogger saat ini sudah sangat sangat komplit dibandingkan dengan saat saya pertama kali menggunakannya 8 tahun silam.

Dan untuk Blogsome, terima kasih untuk layanannya selama ini. Terima kasih sudah menjadi tempat belajar, curhat sekaligus tempat menuangkan ide dalam 6 tahun terakhir. 

Thank you so much for everything ....

-ardhi-
http://ardhi108.blogsome.com

No comments:

Post a Comment