Friday, August 1, 2008

Rekaman Blackbox Adam Air

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Masih ingat dengan musibah pesawat Adam Air yg terjadi awal 2007 lalu ? Pesawat Boeing 737-4Q8 dengan nomor penerbangan KI-574 yg bertolak dari bandara Juanda Surabaya dengan tujuan Manado tersebut hilang di sekitar daerah Polewali, Sulawesi Barat. Yg tersisa hanyalah beberapa serpihan pesawat yg ditemukan di sepanjang pantai daerah tersebut. Kuat dugaan bahwa pesawat tersebut meledak di udara karena turbulensi angin yg diakibatkan cuaca buruk atau pesawat tersebut jatuh ke perairan dan hancur berkeping-keping di sana, menewaskan 96 penumpang dan 6 kru pesawat. Tragedi ini dikenang sebagai salah satu musibah terburuk dalam sejarah transportasi udara Indonesia, sekaligus menjadi salah satu pemicu utama pailitnya Adam Air SkyConnection, si empunya maskapai.

Tadi pagi ada seorang rekan yg ngirim email di milis, yg ikut menyertakan rekaman blackbox adam air KI-574. Kayaknya rekaman ini sudah bocor di publik, karena pas gw cek di google, udah banyak banget forum dan blog yg membahas tentang rekaman ini. Entah siapa yg membocorkannya.

Gw udah beberapa kali dengar detik-detik terakhir rekaman kokpit dari pesawat-pesawat yg jatuh di youtube, tp emang, rekamannya Adam Air ini yg paling seram. Apalagi di menit-menit terakhir, ketika pilot dan co-pilot mulai panik. "Allahuakbar !! Ampun !!", Takbir dan seruan-seruan lain ditambah suara-suara guncangan pesawat yg terdengar jelas, benar-benar bikin gw merinding. Cukup sekali aja gw dengarin rekamannya, habis itu gw ogah dengar lagi.

Gw juga dulu pernah naik pesawat yg nyaris jatuh gara-gara cuaca buruk, jadi gw lumayan ngerti suasananya. Gimana pesawat terguncang dengan keras, penumpang-penumpang berteriak histeris, gw masih ingat banget. Jadi waktu dengar rekaman tadi, rasanya sedih banget. Ada rasa takut, kasihan, plus bersyukur, karena ternyata yg gw alami dulu masih belum ada apa-apanya dibandingkan dengan yg dialami para penumpang adam air naas tersebut.

Innalillahi wa innailaihi rajiuun. Semoga arwah para penumpang dan kru adam air 574 diterima di sisi-Nya.

-----------

PS :

Hingga saat ini, asli tidaknya rekaman blackbox adam air ini masih belum diketahui pasti (hayo KNKT dan Dephub, kasih kejelasan dong !)

Kalo anda pingin rekamannya, silahkan cari di google dengan keywords "adam air site:4shared.com" (tanpa tanda kutip). 4shared.com bisa diganti jadi megaupload.com, rapidshare.com atau situs-situs file hosting lainnya. Kalo nggak dapat, silahkan japri saya di ardhi108@yahoo.com. Nggak tega euy diposting di sini emoticon.

2 comments:

  1. BENAR ATAU TIDAKNYA REKAMAN INI, INI BUKTI KEBOBROKAN MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA PESAWAT RUSAK DISURUH TERBANG NYAWA TIDAK ADA HARGANYA, WAJAR UNI EROPA MELARANG MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA TERBANG KESANA

    ini linknya kalo mo download

    http://rapidshare.com/files/134225407/rekaman_adam_air.zip

    ReplyDelete
  2. Mas tolong donk bagi info adam airnya.....
    tnks....

    ReplyDelete