Saturday, August 16, 2008

Registrasi Administrasi dan Akademik UI

 

Jumat kemarin gw ke kampus UI Depok untuk melakukan registrasi administrasi mahasiswa baru. Setelah perjalanan sekitar 45 menit dengan KRL ekonomi dari Cikini - Stasiun UI, sampai juga gw di kampus. Sempat muncul rasa khawatir kalo ntar proses registrasinya mirip dengan waktu ambil kartu ujian masuk yg nyaris 'amburadul', mana kartu ujian gw fotokopian pula. Namun kekhawatiran itu sirna karena ternyata proses registrasi administrasi berjalan 'lancar dan terkendali'. Nggak ada antrian sambil berdesak-desakan, nggak ada panitia yg teriak sana-sini dll, semua lancar dan terorganisasi dengan baik. Cuman gw ngerasa aneh aja pas lagi ngantri. Kok kayaknya nggak seperti daftar ulang kuliah ya ? Pas tengok sana-sini gw baru sadar kalo orang-orang yg lagi ngantri ini usianya rata-rata di atas 25 tahun. Hyah ..... maksud hati ngeliat cewek-cewek cakep UI pas daftar ulang, eh yg datang kebanyakan malah ibu-ibu dan tante-tante ... hehehe ... maunya :mrgreen:

 

Proses registrasi kurang lebih sebagai berikut : ambil berkas surat pernyataan, ukur jas almamater, ambil foto, pembayaran biaya pendidikan (bagi yg belum bayar) dan verifikasi pembayaran, surat pernyataan dan ngambil password untuk akses berbagai fasilitas online UI. Nggak sampai satu jam, registrasi administrasi ini selesai.

OK. Proses registrasi administrasi selesai. Now what should i do next ?

Kalo menurut beberapa sumber yg gw dapat, mahasiswa harus melakukan registrasi akademik setelah melakukan registrasi administrasi. Sayangnya, nggak ada sedikitpun informasi tertulis untuk para mahasiswa baru (setidaknya S2) mengenai hal ini. Akibatnya, nggak sedikit yg kebingungan ketika proses registrasi akademik selesai. Sama seperti gw, kayaknya pihak UI lupa kalo mahasiswa-mahasiswa S2 tuh sebagian besar umurnya udah kepala 3, dan nggak sedikit pula yg masih awam dengan yg namanya internet. Yah paling nggak, bikinlah pengumuman pake kertas di dekat pintu keluar, misalnya kayak gini :

MAHASISWA BARU YG TELAH MENYELESAIKAN PROSES REGISTRASI ADMINISTRASI HARAP MELAKUKAN REGISTRASI AKADEMIK PADA SITUS AKADEMIK XXXXXXX.UI.EDU DENGAN MENGGUNAKAN USERNAME DAN PASSWORD YG DIPEROLEH PADA SAAT REGISTRASI ADMINISTRASI MULAI TANGGAL SEKIAN SAMPAI TANGGAL SEKIAN DLL DST.

Untungnya gw sempat cari-cari informasi di internet tentang registrasi akademik ini, jadi udah nggak terlalu bingung lagi. Tapi supaya aman, mending jalan-jalan bentar ke jurusan, siapa tau ada pengumuman baru. Kata si Ibu yg jaga front office, proses registrasi akademik memang dilakukan secara online. Tapi untuk mahasiswa baru mungkin belum bisa, karena datanya belum semua masuk.

 

Well, malamnya gw iseng nyobain beberapa fasilitas online UI seperti SIAK-NG (Sistem Informasi AKademis - Next Generation), Webmail dan Profile. Ternyata semuanya sudah bisa diakses, dan foto gw udah bisa dilihat di sana. Kecuali untuk pengisian IRS (Isian Rencana Studi) yg belum bisa diakses karena gw belum punya penasihat akademis/PA (dosen wali, kalo di ITB dulu) dan kode kurikulum juga belum keluar.

Beberapa website penting UI yg udah gw buka :

2 comments:

  1. terimakasih atas info siak ng-nya, AlhamduliLlah account saya ga expired lg...hehehe...

    ReplyDelete
  2. There are pioneers and rose vine bomb installation, magic here, the north face do not have to worry about, is to figure out the rest of the frozennorth face coat banshee there in the end what the plan, but there are a very serious problem that Where is the headquarters of damn children?? Fact that the magic is building itself, while significant, and the protective cover Diao tore Biao ? That only half of them only in the magic shield in addition there is a considerable one ring surrounded the camp Magic,

    ReplyDelete