Monday, August 4, 2008

M-Project Day 2 ~ mrx, The Ellipse Char

OK. Setelah baca-baca tutorial, nggak afdol kalo nggak dipraktekkan langsung. Jadi hari sabtu kemarin, gw mulai bikin char pertama gw. Langkah pertama menurut tutorial bagian 1 adalah bikin sprite si char. Image sprite yg dibuat harus dalam format index color (pcx), so gw coba dulu bikin image dalam format RGB di Photoshop sebelum diubah ke index color.

 

Ternyata ..... bikin frame animasi tu nggak mudah ya. Andaikan gw gambar pake tangan mungkin lebih gampang, tapi ini harus pake mouse. Jangankan bikin 10 frame, bikin 3 frame aja susah. Ini sebabnya nggak terlalu banyak original char di Mugen (Reuben Kee, i envy you emoticon). So, dari pada pusing-pusing, gw bikin karakter yg sangat-sangat-sangat sederhana sekali, sebuah lingkaran elips warna hitam dengan background putih. Toh yg penting animasinya dulu. Gw namakan char ini, mrx (tdnya mau gw namain mr.ellipse, tp norak, jd gw ganti mrx).

OK, udah dapat 3 image PCX. Sekarang image PCX harus diubah ke dalam format SPR-nya MUGEN. File SPR ini nanti yg akan menyimpan semua sprite karakter. Gw pake tools bawaannya MUGEN, Sprmaker. Setelah file SPR jadi, sekarang bikin file untuk animasinya (AIR) dengan notepad. File AIR ini yg menyimpan seluruh informasi animasi karakter, mulai dari berdiri, memukul dll. Untuk saat ini, karena baru ada 3 gambar, gw cuman bikin animasi berdiri aja (sesuai tutorial 1). Setelah file AIR jadi, tinggal bikin file DEF. File DEF berisi definisi dasar dan informasi dari karakter.

OK. Sudah jadi semua. Sekarang dicoba. 

............. lho ???

Kok error MUGENnya ??? Hehehe ... kacau juga nih, katanya file AIR-nya error. Setelah beberapa kali dicoba masih error, gw iseng ngopi file AIR-nya KFM, terus gw edit khusus untuk bagian animasi berdirinya. Wah, ternyata jalan !!! Karakter elips gw muncul. Tapi ... kok background putihnya masih nongol ya ??? Berarti setting palet warna gw ada yg ngaco.

 

Setelah berjam-jam mencoba sampe hampir stress, akhirnya gw tau apa yg salah. Ternyata color index 0 yg gw bikin bukan warna unik. Itu sebabnya warna latarnya masih nongol. Setelah gw setting ulang paletenya, terus bikin ulang SPR-nya. Gw coba lagi di MUGEN.

 

Hmmmm .... as i thought before, now it's working. OK, i could continue to the second tutorial next time emoticon.

No comments:

Post a Comment