Sunday, April 30, 2006

Empire Earth II - The Best RTS Game Ever ?

- Bahasa Indonesia Mode -

 Semua bermula dr celoteh teman sekantor waktu ngeliat gw main AOE3 minggu kemarin. Sambil nonton gw main, kami ngobrol2 soal game RTS. Dia bilang kalo dulu dia punya game RTS yg mirip2 AOE. Bedanya kalo AOE setting cuman pas zaman2 kerajaan sampe kolonial, game yg dia punya settingnya mulai dr zaman batu sampe zaman modern. Game yg gw ingat modelnya kayak gitu cuman satu, Empire Earth.

Karena server game Indogamers nggak nyala2, teman gw ini rupanya gerah jg ngeliat gw keenakan main AOE3. Ternyata dia bongkar2 lg koleksi CD gamenya dan nginstall Empire Earth (EE) di PCnya. Gw yg waktu itu sama sekali blom pernah gimana sebenarnya EE jd penasaran jg, dan gw gantian nonton dia main EE emoticon.

Setelah gw perhatikan, wah ... game ini lumayan jg. Tampilannya nggak jauh2 amat bedanya dengan AOE, gameplaynya jg mirip. Yg bikin game ini beda dr RTS yg lain mungkin cuma satu, Setting Waktu. Seperti yg udah gw bilang di awal td, setting waktu game ini diambil mulai dr zaman batu sampe zaman modern. Jadi unit2nya bisa berubah seiring waktu, mulai dr prajurit biasa sampe pake robot2 canggih, mulai dr perahu kayu sampe kapal induk dll.

Keren jg, kalo gw perhatikan, game ini seperti gabungan antara AOE (gameplay), Civilazation (civilization/building), RedAlert (Modern War) dan sedikit Warcraft (RPG/Hero/Unit Name - ada unit2 yg namanya mirip karakter dota !). Hebat jg yg bikin gamenya, idenya bagus buat ngegabungan konsep beberapa game RTS terkenal.

Lama2 tangan gw gatal jg kepingin nyobain gamenya. Cuman berhubung minggu ini gw sibuk luar biasa ngoprek2 program yg gw bikin, gw tahan2 keinginan itu. Puncaknya hari ini, sabtu. Kebetulan program gw (creasindoID) udah hampir rampung, gw jalan2 keluar lab. Tadinya kepingin ke Mangga dua nyari CS Source, tp berhubung cuaca di luar panasnya luar biasa, gw putusin buat jalan2 ke BSD aja. Di ITC BSD, gw cobain liat2 CS Source, siapa tau udah ada. Ternyata blom. Dari pada pulang dgn tangan hampa, udah panas2 pula, gw putusin buat beli game lain. Waktu itu gw langsung ingat kalo gw kepingin nyobain EE. Kebetulan di sana ada EE versi II. Setelah ngeliat minimum spek nya, gw langsung embat (beli maksudnya) dan balik ke lab.

Di lab, gw langsung cobain di PC kerja gw, kalo diliat dr min speknya sih kayaknya kuat. Setelah diinstall, ternyata emang jalan, cuman .... setelah beberapa lama mulai terasa beratnya. Dan akhirnya ... tampilan mulai patah2, ternyata game ini berat jg. Waktu itu teman gw yg punya EE iseng ngintip ... wakakaka ....  emoticon dia kaget pas ngeliat game yg gw mainkan. Buset katanya. Dari cara dia ngeliat gw main langsung kelihatan kalo dia pingin nyoba jg, gw langsung pinjamin CD game EE2nya. "Nih, cobain, siapa tau mau ", kata gw. Dalam hati sih gw ngerasa nggak bakalan jalan mulus, di gw aja patah2, apalagi di PCnya dia yg speknya lebih rendah dr gw.

Karena di PC kerja gw nggak kuat, gw coba install di PC pribadi yg gw bawa ke kantor. Nah .. di sini baru bisa jalan mulus. Tampilan EE2 benar2 gila .... keren banget. Fitur yg paling mencolok mungkin Cuaca. Di EE2, cuaca jg bisa berpengaruh terhadap unit yg ada. Cuaca yg ada jg macam2, mulai dr hujan biasa sampe badai pasiremoticon.

 

Begitu main, gw bener2 langsung jatuh cinta sama ini game. Improvementnya benar2 jauh di atas game2 RTS yg gw tau. Mulai dr cara membangun, sampe perangnya benar2 luar biasa. Salah satu hal yg gw cari dr game2 RTS sebenarnya adalah membangun kota kerajaan yg komplit, yg susunannya bagus, ada jalan2, wonder yg nggak cuman satu, dan semua itu gw dapat di EE2.  Nggak salah kalo banyak yg bilang kalo ini game RTS terbaik yg pernah ada. AOE3 ? Kalah telak ! Hampir semua yg ada di AOE3 ada di game ini.

Satu2nya kelemahan yg gw liat dr game ini adalah system resource yg dibutuhkannya gila2an. Mau tau min system requirementnya ?

Prosesor AMD atau Intel Pentium 1,5 GHz atau yg kompatibel. Ram 256 MB. VGA NVidia GeForce 3 ke atas dgn memori 64 MB atau lebih dan udah bisa ngedukung TL tech + DX9.0c. Dan ruang HD kurang lebih 1 GB. emoticon

Untungnya PC gw, speknya masih di atas itu, jd gw masin bisa main. Gw masih kepingin main nih ... tp teman gw itu skrg lg main EE2 di PC gw ... ehehehe ... usir nggak ya ... ? emoticon

29 comments:

  1. Bagus banget tuh Game, boleh juga nih

    www.afiliasiku.cjb.net

    ReplyDelete
  2. Bisa tidak bagi gamenya(Empire Earth II - The Best RTS Game Ever) soalnya aq penggemar game kaya gitu, tolong kirim ke email aku yach, aku tunggu loch....

    ReplyDelete
  3. menurut gw the best rts itu Battle Realms, actionnya pol pol-an, coba aja main. Kalo gw gak salah ada yg agak silly di Empire Earth, dimana source kayunya dari jaman batu sampai abad nano didapat dengan cara menebang...terus tebang... biar udah ada robot juga tetap menebang....

    ReplyDelete
  4. Yap, terlepas dr gameplay dan kualitas grafisnya, game ini masih banyak kelemahannya. Kelemahan lain yg gw rasakan selama main game ini, adalah gameplaynya yg cepat banget. Kalo yg udah biasa main mungkin nggak masalah, tp buat pemula, hal ini sangat menyiksa, kita harus adu cepat dengan lawan buat menguasai suatu daerah tertentu, sekaligus mengupgrade teknologi yg ada. Emang sih, adu cepat adalah salah satu inti game RTS, cuman gw pribadi lebih suka main game RTS yg lebih slows upaya bisa lebih menikmati permainan.

    ReplyDelete
  5. Menurut gw Empire Earth nggak lebih dari AOE clone yg udah banyak muncul kyk jamur di musim hujan. Aku saranin main Battle Realms, lebih menantang. Battle Realms bukan "Kingdom Sim" tapi lebih ke "battle sim", pokoknya lain dari yg lain. Kekurangannya hanya ada satu yaitu masalah skala, yg mana hampir semua rts skalanya memang ngaco kan. Unsur yg lainnya bisa dibilang perfect.

    ReplyDelete
  6. mas,punya softwarenya gak? bagi² donk..soalnya aku udah pernah beli tapi disknya corup.
    kirim ke e-mail saya please....atau di share di blog ini

    ReplyDelete
  7. bradh.. mau tanya, saya pake P4 2,26 Ghz, Nvidia Gforce Fx 5500 128, RAM 512.. tapi game ini tetep lemot yahhh??? kira2 yg salah ada di mana yahh... ? :D

    ReplyDelete
  8. tolong dong gua di ajarin cara install empire II , gua dah download di indowebster tapi gua install kok gagal2 terus....
    thank sebelumnya....

    ReplyDelete
  9. hai gue penggemar berat empire earth ...
    game empire earth 1 gue aja sampe skrg masi gue simpan dengan bagus > buat gue empire earth itu lebih dari pada game biasa empire juga lebih menantang ! tapi pas gue liat empire earth 2 pikiran gue selalu bayangin ceganggihan nya lebih dari pda empire earth 1 mulai dari pembuatan jembatan dan grafis nya yang gak ngebosanin.... tapi sayang pas gue download di indowebster dah complete tapi pas gyue exstrak dan instal ternyata game error dan muncul tampilan wrong disk inserted ? tolong dong bantuin aq dong gmana caranya ? please kamu kan master EE2 ? aq tungguin ya posting nya diemail aq thank bravo..

    ReplyDelete
  10. mas tolong dong dimana download empire earth II yang gratis, ato kirimi ke email aku, aku lagi ngidam nich, tenkyu yaaa.

    ReplyDelete
  11. Bos....
    Please dunk klo pnya game warcraft...

    send ke emailq yach.....


    thanks...

    ReplyDelete
  12. Kirimin master EE 2 k email q dunk EE yg pertama n AOE dah sering bwngtz mainnya

    ReplyDelete
  13. bagiiiiiiiiiiiii, dong

    ReplyDelete
  14. GW baru maen Empire Earth nih.... gw biasa maen Strong Hold.
    jadi maen Empire Earth sambil jln ja, hampir mirip sama Strong Hold. cuma masih da yang blom ngerti.......
    Kasih petunjuk donk.....

    ReplyDelete
  15. yg download di indowebster,setelah menginstal game EE2 ,copy crack gamenya ke folder tempat instal, biasanya di C terus ambil program files,klik folder sierra ,lalu paste crack yg di copy tadi di dalam folder itu.setelah itu coba lagi play,selamat mencoba

    ReplyDelete
  16. bos bagi dong ee2 nya...please kirimin ke email gw.....

    ReplyDelete
  17. sob, gw pengen banget main tuh game....
    bagi-bagi donk, download linknya...
    ditunggu lho...

    ReplyDelete
  18. boleh minta g gamenya? soalnya ni tanggung q hanya punya empire earth 1 doang. please y!

    ReplyDelete
  19. kirimin gamenya dong lewat e-mail q. biar q bisa nyobain serunya empire earth 2. d tunggu ah

    ReplyDelete
  20. Kirimin Donk Ke Email Aku Gw Juga mw main ! Soalnya yg EE 1 dah tamat

    ReplyDelete
  21. thnks broo..
    udh berhasil di instal..

    ReplyDelete
  22. all..mhn bntuan dunk,dah lm ngncer cd ee2 trz kmrn dpt 2 disc,tp kq udh slsai diinstal dia minta dmsukin cd,gliran udh dmsukin mlh ktnya cd wrong..gmn ne?mhon bntuanya ya

    ReplyDelete
  23. Do you acknowledge that it is correct time to get the mortgage loans, which can make you dreams real.

    ReplyDelete
  24. Kirim link untuk download ee2 donk !
    mohon bantuanya

    ReplyDelete
  25. saya sudah download and install empire earth 2 yang bermasalah pasa saat launch empire earth 2 lansung muncul'wrong disk image'

    tolong penjelasan dan solusinya

    ReplyDelete
  26. Mantep juga nih. Ngomong", tau ga tempat downloadnya(gratisan mode on, hehehe...).

    ReplyDelete
  27. bro cara mainnya gimna

    ReplyDelete
  28. Gw lebih suka rise of nation sih, lebih nyata, kayanya dan lebih enjoy maeninnya, ga kaya ee2 yg hrs serba terburu2.

    ReplyDelete
  29. betul .. gua setuju sama Hendri.

    ReplyDelete