Tuesday, November 20, 2007

Opera Mini 4 Yang Sarat Bug

Banyak Bug di Opera Mini 4 

Judul tulisan ini memang kontras dengan apa yg pernah saya tulis beberapa hari yg lalu. Setelah sebelumnya sempat terpesona dengan fitur-fitur di Opera Mini 4, lama-kelamaan saya sadar kalo Opera Mini 4 sebenarnya menyimpan banyak bug. Sialnya, bug-bug ini malah muncul di beberapa fungsi utama browser yg biasa saya gunakan. Mungkin anda pernah mengalaminya juga ?

Berikut beberapa kelemahan/bug Opera Mini 4 yg saya temukan :

  1. Fasilitas full-webview yg kurang berguna. Fitur ini merupakan andalan utama Opera Mini 4 yg memungkinkan pengguna untuk melakukan overview terhadap halaman web yang akan ditampilkan. Sekilas fitur ini terlihat hebat, sampai anda menyadari bahwa kenyataannya, layar ponsel anda sangatlah kecil. Akibatnya, walaupun ditampilkan secara penuh, tulisan pada halaman web akan sangat sulit terbaca, bahkan gambar yg ada pun akan sangat sulit dikenali. Bagaimana pengguna bisa menilai isi halaman web kalo content pada web itu sendiri tidak terlihat dengan jelas ?
  2. Keterbatasan zoom in dan out. Hanya ada dua ukuran yang bisa ditampilkan, overview dan detail-view. Dengan overview anda bisa melihat halaman web secara keseluruhan namun tidak bisa membaca isinya (karena terlalu kecil tadi). Dengan detail view, anda bisa melihat bagian-bagian halaman web dengan mengarahkan virtual mouse pada bagian yg diinginkan, konsekuensinya, kalo objeknya lebih besar dari cakupan virtual mouse, bagian yg nggak tercakup tidak akan terlihat. Jadi anda harus sering bolak-balik zoom in dan out untuk menelusuri halaman web. Lumayan bikin pusing kepala, jari-jari tangan juga jadi pegal-pegal.
  3. Raibnya fasilitas overview dan zoom gambar. Buat yg doyan download gambar dr internet, siap-siaplah kecewa. Fasilitas overview dan zoom gambar seperti pada Opera Mini 3 sudah nggak ada lagi. Jadi, gambar yg mau didownload akan ditampilkan dengan full-resolution, tanpa ada overview dan zoom. Akibatnya, pulsa pengguna jadi terkuras cuman untuk me-load gambar sebelum bisa didownload.
  4. Bug pada saat membuka gambar. Waktu link gambar diklik, bukan gambar yg muncul, yg ada malahan kotak kecil bertuliskan 'image' ditengah-tengah layar. Gambar baru muncul setelah halaman web di-reload.
  5. Bug pada sistem email. Saya pernah mencoba mengakses Yahoo! Mail untuk membalas email yg dikirimkan seorang teman. Setelah saya selesai menulis dan selesai menekan tombol reply, halaman web tidak menampilkan halaman notifikasi kalo email saya telah terkirim, browser malah menampilkan halaman sebelumnya. Selain itu, bila anda menggunakan phone-view (tampilan lama seperti pada Opera Mini 3) untuk melihat isi inbox, anda tidak akan bisa melihat daftar email yg masuk. Daftar emailnya raib entah kemana, udah gitu tulisannya banyak yg amburadul. Untuk sementara ini saya baru nyobain yahoo, nggak tau kalo yg lain.
Jadi kalo sekarang anda masih menggunakan Opera Mini 3, lebih baik jangan buru-buru di-upgrade ke versi 4. Kita tunggu saja sampai ada versi baru yg lebih baik lagi dari Opera.

1 comment:

  1. masih ada mas, saya pake operamini untuk mengakses faceebook, ktika saya komen di salah satu status temen, ternyata komen saya ikut ke post di status temen yang lain dengan komen yang sama... sampai bisa sepuluh temen... jan bosok tenan

    ReplyDelete