Saturday, November 10, 2007

Cara Mengatasi Masalah 'Check Disk for Consistency' di proses Start-Up Windows XP

Tadinya pingin ke Mangga 2 habis dr kantor buat beli TV combo, maklum di kost nggak ada hiburan selain musik dan game. Tp begitu ngeliat ke langit Jakarta sabtu sore ini, selera jalan-jalan gw langsung hilang. Awan hitam udah bergumpal-gumpal (awan cumulonimbus kalo orang meteorologi bilang), udah kayak ember air yg siap ditumpahkan. Mana gw nggak bawa payung lagi. Daripada kehujanan di Mangga 2, mending nulis di blog. Iya nggak ;) ?

Tulisan kali ini tentang Windows XP. Apa anda pernah mengalami kejadian seperti yang saya alami dua minggu lalu ?

Dua minggu lalu, pas lagi asik-asiknya main PES 6, tiba-tiba listrik anjlok. Mungkin gara-gara yg make komputer di kost udah tambah banyak, makanya listriknya nggak kuat. Begitu listrik dihidupkan lagi, komputer nyala lg, semuanya normal, sampe setelah logo Windows XP, muncullah tampilan berikut (ini yg di windows server 2003, tp sama aja dgn di XP, nggak ada screenshot lg soalnya ;) ) :

 

Karena gw pikir normal, ya gw biarkan Windows memindai drive yang diduga bermasalah tersebut. Ya, gw pikir wajarlah kalo drive error gara-gara listrik mati tiba-tiba. Yang jadi masalah, tampilan ini terus menerus muncul tiap kali start-up. Awalnya gw cuek, lama-lama kesal jg, soalnya waktu startup jd tambah lama, apalagi kalo gw nggak perhatikan komputer gw, bisa lebih dr 10 menit prosesnya.

Setelah browsing di internet, gw dapat beberapa kemungkinan yg bisa jadi biang masalahnya.

  1. Ada bad sector di salah satu drive. Tadinya gw pikir ini sebabnya, sebabnya di salah satu hardisk gw emang ada bad sector. Tp kok setelah scan dan di-recover, tampilan menyebalkan itu masih muncul tiap kali start-up ? Berarti bukan ini masalahnya.
  2. Ada setting Power Management Windows yang error. Artikelnya bisa dilihat di sini. Tapi kok setelah gw oprek-oprek registry masih muncul jg ya ? Ini juga bukan biang keladinya.

Setelah di cari-cari lg, akhirnya dapat cara penyelesaiannya.

  1. Setelah masuk windows, buka command prompt lewat Start -> Run. Tulis "cmd" dan tekan OK.
  2. Di command prompt, ketik "fsutil dirty query <nama drive bermasalah>" , terus tekan Enter. Contoh, kalo yg error di drive C, tulis : fsutil dirty query C:
  3. Kalo benar, akan muncul pemberitahuan kalo drive yg tujuan tadi DIRTY alias kotor.
  4. Ketik "chkdsk <nama drive bermasalah> /f". Kalo sistem file di hardisk tersebut NTFS, pake aja perintah "chkdsk <nama drive bermasalah> /f /x". Ingat, jangan pake option /x kalo sistemnya bukan NTFS ya.
  5. Kalo Windows minta kalo chkdsk harus dijadwalkan ketika proses startup, pilih Yes. Kalo nggak langsung ke langkah 6.
  6. Setelah proses scan selesai, ulangi langkah nomor 2. Seharusnya sekarang muncul pesan yg mengatakan kalo drive yg di-scan tadi sudang nggak kotor lagi alias NOT DIRTY.
  7. Sekarang coba restart lagi. Kalo prosesnya benar, tampilan disk check di startup nggak akan muncul lagi :).
  8. Kalo gagal juga ? ya .... itu tanda harddisk anda sudah mau pensiun. Back-Up semua data-data penting ke CD atau DVD, terus format ulang aja harddisk tadi, dengan catatan, anda memang sudah tidak butuh data-data yang ada di dalamnya.

 

Terus apa itu perintah "fsutil" yg ditulis di command prompt tadi ? Ternyata ini adalah utility untuk melakukan manajemen untuk drive PC, baik yg sistem filenya FAT atau NTFS. Gw juga baru tau kalo ada utility praktis kayak gini di Windows XP (satu lg utility yg disembunyikan Microsoft).

  • Perintah "fsutil dirty query" akan melaporkan status "bersih" atau "tidak bersih" nya suatu drive. Kalo statusnya dirty, Windows akan melakukan proses scan setiap kali proses startup. Ini biang keladinya masalah gw. Statusnya kayaknya nggak jadi bersih walaupun di scan berulang kali.
  • Perintah "chkdsk /f" akan memaksa Windows melakukan proses chkdsk, tanpa peduli status drive tujuan dirty atau tidak. Dengan perintah ini, chkdsk juga akan melakukan perbaikan pada error yg ada.
  • Perintah "chkdsk /f /x" cuman bisa dipake di sistem NTFS. Option /x akan memastikan setiap drive "terkunci" (dismount) sebelum proses chkdsk dilakukan.

Referensi :

http://forums.techguy.org/windows-nt-2000-xp/575014-solved-disk-check-4-consistency.html

http://www.thinkdigit.com/forum/showthread.php?t=21743 

 

13 comments:

  1. tulisan nya ngebantu gue banget neh bro, kebetulan kasus nya sama
    thx banget - banget :D

    ReplyDelete
  2. @ Ogenkz : Sama-sama. Thanx udah mampir :D

    ReplyDelete
  3. baik siiiiiiiiiii
    tapi mslh say ngak itu
    proses hardis saya lambat bgt trs disk yang satu ngk detek. sulinya gimn???????? bro toong yaaaaaaaaaaaaaaaaa

    ReplyDelete
  4. Win xp gue cuma sampai login doang, abis itu seperti loading tapi icon2 nggak muncul, start menu juga nggak mau. kira2 apa tu bro? viruskah atau crash? thx

    ReplyDelete
  5. Makasih banget, mas. Tipsnya sangat membantu sekali. Startup windows saya udah kembali normal. :D

    ReplyDelete
  6. terima kasih wahai kawan. infonya sangat bermanfmanfaat

    ReplyDelete
  7. thank bnget. infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. My compu sempet mengalami bila startup muncul checkdisk consistency..., dan Alhamdulillah begitu membaca dan mempraktekan solusi yang diberikan Mas "The Outhor " sekarang Insya Allah kembali normal, tidak muncul lagi istilah tersebut.
    Maka lewat ini saya mengucapkan terimakasih bisa menimba ilmu di blog-nya. Salam GBU....

    ReplyDelete
  9. tengs tipsnya Gan,,,sangant membantu.....

    ReplyDelete
  10. bro.gimana nie??guer nggak tau gimana caranya mau beresin masalah ni..

    ReplyDelete
  11. DAHSYAT gan...thanks for the info...masalah gw resolved..dan hasilnya NOT DIRTY...syukur Alhamdulillah....kalo di forum kaskus ente udah ane kasih cendol ha.ha..ha..deh

    ReplyDelete
  12. thanks for the solution bro ardhiii....

    best regard for u.. :)

    ReplyDelete
  13. makasih bos, komputerku sekarang tidak chek disk lagi..

    salam.

    ReplyDelete