Friday, November 17, 2006

Vagabond ~ The Story of The Legendary Musashi

Aku sebenarnya sudah lama tau tentang komik ini, mungkin sudah dua tahun yg lalu. Waktu itu seorang teman yg sering comment di blog ini sering ngomongin tentang Vagabond di kampus. Waktu itu penasaran jg, gimana sih Vagabond itu. Waktu pertama kali ngeliat, aku langsung tau kalo yg ngarang komik ini adalah salah satu komikus kesukaan aku, dia jg yg bikin Slamdunk, siapa lagi kalo bukan Inoue Takehiko ... hehehe emoticon.

Karena waktu itu aku lg sibuk banget ngejar tugas akhir, jd nggak terlalu memperhatikan komik ini. Lagian komik ini rata-rata lebih banyak gambarnya dari pada dialognya, jd kalo cuman baca satu volume nggak akan ngerti ceritanya (kecuali yg pernah baca novelnya).

 

Novel ? Ya. Komik ini memang diangkat dari novel terkenal di Jepang, Musashi, karya Yoshikawa Eiji. Menceritakan perjalanan panjang seorang samurai rounin (pengembara-tak bertuan) legendaris Miyamoto Musashi, sejak masih ABG hingga menjadi legenda di seantero Jepang.
Aku sendiri blom pernah baca novel aslinya, dan kata sebagian orang yg pernah baca novelnya, jalan cerita di Vagabond memang sama seperti di versi novelnya.

Aku jg beli komik ini awalnya dr iseng. Waktu jalan-jalan ke Gramedia Matraman aku nyari komik lain, yg bikin kecewa ternyata komik yg aku cari itu "putus di tengah". Maksudnya, ada volume yg hilang, jd misal ada volume 12 dan 14, tp volume 13nya nggak ada emoticon. Akhirnya aku coba cari komik lain yg kelihatanya enak dibaca. Masalahnya, Gramedia di Jakarta ini terlalu lengkap, komiknya, MasyaAllah, banyak luar biasa. Sempat bingung jg, sampe akhirnya di satu sudut ruangan yg lumayan sepi, aku ngeliat komik yg kayaknya nggak asing, yah, si Vagabond itu. Setelah pikir-pikir, nggak ada ruginya dibeli, lagian aku masih penasaran dengan komik ini, soalnya dulu nggak sempat baca dengan lengkap. Akhirnya aku beli dua volume sekaligus.

Ternyata .... komik ini luar biasa kerennya emoticon  !!. Aku awalnya nggak nyangka, Shinmen Takezo yg buas seperti binatang itu ternyata adalah Musashi ... hahaha. Ketagihan dan Penasaran, setelah beli dua buku, besok malamnya setelah kerja, aku ngacir lagi ke Gramedia buat beli tiga buku lagi. Besoknya beli tiga lagi , dan lusanya tiga lagi. Total empat hari aku baca 11 volume berturut-turut emoticon.

 

Karena yg bikin komik ini Mr.Inoue, kelihatan banget kemiripan artnya dengan SlamDunk. Bagus Betul. Aku dah pernah liat gambar-gambar Musashi di komik atau anime lain, seperti di Shura no Toki. Biasanya Musashi digambarkan sebagai samurai dengan tubuh tinggi besar, tenang dan berwibawa. Kalo di Vagabond, Musashi digambarkan seperti pemuda 'aneh' yg gimana ya ? ... hehehe ... berangasan, rada slengean dan suka nekat ... bayangkan, masak pergi nantang ke perguruan pedang terkenal cuman pake modal pedang kayu emoticon.
Mirip dengan karakter Hanamichi Sakuragi di slamdunk dulu, cuman Musashi lebih kalem. Terkadang ada bagian-bagian yg dibuat lucu dan disini kelihatan banget karakter gambar Mr.Inoue kayak di SlamDunk. Yg luar biasa itu cara Mr.Inoue yg menggambarkan karakter dan emosi tiap tokohnya. Misalnya karakter Takezo remaja yg berigas dan dibenci orang-orang, sampe dijuluki 'Anak Setan', hingga menjadi Musashi dewasa yg jauh-jauh lebih tenang dan disegani orang. Terkadang ada beberapa halaman yg benar-benar full gambar tanpa dialog, cuma untuk menggambarkan emosi dr orang yg bersangkutan emoticon.

Seperti novelnya, komik ini nggak selalu menceritakan Musashi, karakter lainnya jg banyak dan berwarna, dan sebagian besar jg merupakan legenda. Dan seperti novel lainnya, cerita akan hambar kalo nggak ada bumbu-bumbu cintanya. Di komik ini jg diceritakan romance antara Musashi dengan Otsu, gadis yatim piatu, teman masa kecil yg juga mantan tunangan sahabat Mushahi, Matahachi emoticon (sekedar info, karakter Matahachi adalah karakter paling menyebalkan di komik ini - IMHO).

Kabarnya komik ini udah nyampe vol 23 di luar negeri. Sayangnya di Indonesia masih vol 11 (kecuali yg bajakan tentunya) emoticon. Harganya juga sedikit lebih mahal dr komik lain, satunya Rp.15000 (Jadi gw dah keluarin uang 165000 perak cuman dalam empat hari emoticon). Cuman kalo dibandingkan dengan art, cerita dan jumlah halaman yg diberikan, harga ini sudah sangat pantas. Selain ukurannya yg lumayan besar dan halaman yg tebal, ada beberapa bagian di komik yg full color, jd 15000 perak termasuk murah untuk komik yg keren ini.

3 comments:

  1. hai..aku mau tanya neh komik vagabond yang paling baru no berapa??coz susah banget cari komiknya.aku baru punya no 1-20...

    ReplyDelete
  2. Manga Vagabond sampai saat ini udah sampe Volume 28 chapter 248. Sy jg udah nggak beli lagi komiknya sejak vol 14, soalnya udah ada yg gratisan di internet ^^.

    Kalo mau download cobain link ini :

    http://www.mangatraders.com/manga/series/16 atau http://mangahelpers.com/forums/forumdisplay.php?f=109

    dua-duanya gratis, tp mesti jd member dulu (gratis juga).

    ReplyDelete
  3. boleh minta seri yg terakir gak

    ReplyDelete