Wednesday, December 9, 2015

Cerita Monbukagakusho #8 - Pengumuman Secondary Screening

Akhir November 2015. 

Menegangkan. Beberapa forum, mulai dari JREF sampai grup Monbusho di FB mulai diramaikan oleh satu topik utama: pengumuman hasil secondary screening.

Sebagian orang optimis, tidak sedikit pula yang harap-harap cemas. Konon, kuota beasiswa MEXT tahun ini akan dikurangi karena perekonomian Jepang sedang tidak baik. Ditambah lagi proyek kereta cepat Jepang di Indonesia yang dibatalkan pemerintah beberapa bulan sebelumnya, membuat para applicant dari Indonesia makin berkeringat dingin, karena berpeluang merusak mimpi mereka dalam meraih beasiswa ke Jepang.

Situasi makin memanas ketika ada kabar kalau hasil secondary screening sudah diumumkan di Yunani. Setelah itu menyusul Argentina, Tunisia, Brazil dan ... Malaysia !! Ungkapan kegembiraan para peserta yang lulus bercampur aduk dengan posting-posting menyesakkan dari sebagian peserta yang kurang beruntung.

Yang bisa saya lakukan cuma berdoa. Mau gimana lagi ? Usaha yg terbaik sudah dilakukan. Apapun hasilnya, saya sudah pasrah. Ini yang selalu saya camkan dalam hati sejak 3 bulan lalu, sejak selesai menyerahkan dokumen secondary screening ke kedubes Jepang bulan September kemarin. Beruntungnya, yang suasana hatinya nggak karuan bukan cuma saya, tapi teman-teman peserta Monbusho juga mengalami hal serupa. Jadilah kami saling menghibur lewat berbagai postingan di FB dan forum lainnya.

7 Desember 2015.

Sejak pagi, perasaan saya nggak karuan. Walaupun sudah berusaha tenang, tetap saja saya tegang menunggu pengumuman secondary screening yang tak kunjung datang. Kayaknya hampir tiap jam saya cek email, kalau-kalau ada 'surat cinta' dari kedubes yang membawa kabar baik. Hasilnya nihil.

Sampai akhirnya, setelah sholat Dzhuhur, sekonyong-konyong masuk email ke inbox.

Pengumuman Hasil Seleksi Akhir Beasiswa MEXT/MONBUKAGALUSHO 2016 Program Research Student

Membaca judulnya saja sudah bikin jantung saya seperti mau meledak. Ini dia. Hasil perjuangan selama hampir setahun akan terlihat sesaat lagi. Saya baca email dengan perlahan. Ternyata hasilnya ada di attachment, dan si pengirim meminta untuk membacanya dengan seksama. Saya download attachment yang berisi daftar peserta yang lulus, dan ...


Alhamdulillah, nama saya ada di sana. Dan tidak hanya itu, nama 34 peserta lain juga bernasib sama. Artinya, tahun ini 100% peserta lulus secondary screening !!

Kami diminta untuk bergabung dengan sebuah grup di FB untuk informasi penempatan universitas, keberangkatan dan lain-lain. Ya, kami masih harus menunggu lagi sampai Januari 2016 untuk pengumuman penempatan universitas sesuai LoA yang sudah kami kumpulkan sebelumnya. Untuk saya pribadi, lolos secondary screening sudah merupakan anugerah tersendiri. Jadi di manapun saya ditempatkan nantinya, entah itu di Todai, Kyodai atau Meidai, sudah tidak jadi masalah.

Allah selalu tahu yang terbaik untuk hamba-Nya :-) 

No comments:

Post a Comment