Monday, February 5, 2007

Windows Vista - The First Impression

Akhirnya bisa kesampaian juga niat gw buat nyobain Windows Vista, versi Windows terbaru dari Microsoft yang sudah bikin heboh sejak sebelum diluncurkan. Windows Vista katanya merupakan versi Windows yg paling sempurna dari sisi sistem maupun grafis. Katanyaa .... :P

Kok bisa dapat Windows Vista ? Kan diluncurkannya baru awal februari ini ?

Bisa-bisa aja. Selama ada internet, apa sih yg nggak mungkin ? Caranya ? Nggak usah ditanya lah :P. Yg jelas gw butuh waktu hampir 3 hari buat ngedownload installernya yg gedenya hampir 2,5 GB. Setelah beres ngedownload, gw jg nggak bisa langsung nguji. Masalahnya, gw malas instalasi ulang Windows lagi. Buat nginstall Vista, minimal butuh space 15 GB (cuma) untuk sistem. Padahal HD gw dah pada penuh dengan data. Pasti capek banget nginstall program dan ngatur data yg lainnya.

Untungnya, masih ada HD 40 GB yg nganggur. Tadinya gw mau install pas malam minggu, tapi berhubung kost gw kebanjiran, gw tunda sampe benar2 aman. Akhirnya malam senin, pas udah benar2 aman, gw install Vista di HD nganggur itu.

Kesan pertama : Cepat dan Nggak Ribet.

Tadinya gw pikir waktu instalasinya kayak Windows XP yg kadang2 lebih dari sejam, jadi gw tinggal dulu sebentar ke kost buat ngeliat kalo2 kali Ciliwung meluap lg. Kira-kira setengah jam gw balik ke kantor, eh ... instalasinya udah beres. Gw tinggal bikin account pribadi, ngatur zona waktu, udah itu doang. Sama sekali nggak ribet kayak Windows XP yg minta setting macam2 waktu instalasi.

Selesai instalasi nggak ada restart, langsung masuk ke Login Screen. Tampilannya udah beda dengan Windows XP. Dan setelah login, terbukalah tampilan desktop Vista.

Welcome Screen

Kesan kedua : Cool !!! 

Kalo diliat dari tampilan grafisnya, emang nggak diragukan lagi, inilah OS dengan grafis terbaik saat ini. Tombol Start sudah berubah sedemikian rupa. Tulisan start dihilangkan dan digantikan tombol bulat dengan logo Windows. Desain transparan dan glassy keliatan dominan di sini.

Ada beberapa bagian lain yg gw anggap lumayan enak diliat, misalnya, Task Preview. Arahkan kursor ke atas taskbar, persis di atas program yg lg diminimize. Ntar bakalan muncul semacam jendela kecil yg menampilkan isi program yg diminimize :).

Look at the taskbar preview, cool isn't it ? :)

Ada satu lagi bagian yg keren. Kalo nggak salah namanya 3D Flip. Fungsi dasarnya sih kayak kalo kita mau pindah program pake kombinasi Alt-Tab di Windows XP. Bedanya, sekarang yg ditampilkan bukan ikon program, tapi semua jendela program yg sedang berjalan dengan tampilan dan animasi 3D. Dan ini bukan sekedar jendela statis, misal anda sedang menonton film dengan Windows Media Player, film ini tetap ditampilkan di jendela yang diflip tadi. Untuk jelasnya, coba liat gambar di bawah.

3D Flip

Kesan Ketiga : Ribet

Buat yg terbiasa pake Windows XP kemungkinan bakal sedikit bingung ketika pertama kali pake Vista. Isi start menu benar-benar dirombak ulang. Nggak ada lagi scrolling menu kalo kita klik 'All Program'. Program-program semua dipindah ke bagian kiri, yg dulunya jadi tempat program yg paling sering dipake di XP.

Satu hal yg sempat bikin gw bingung adalah hilangnya Menu yang biasanya di beberapa jendela utama Windows, misalnya Windows Explorer. Menu sekarang digantikan dengan beberapa Tab buat mengakses fungsi-fungsi utama program. Pas masuk Windows Explorer, toolbar2 yg biasa gw pake kayak Copy atau Paste udah menghilang. Ribetlah pokoknya, mungkin karena belum terbiasa.

Yg paling berubah mungkin Address Bar. Di Windows Vista, address bar kayaknya digabungkan dengan tombol navigasi Forward/Back. Jadi sekarang anda bisa melakukan navigasi antar halaman atau folder cuman dengan address bar.

Kesan Keempat : Banyak Driver Nggak Dikenali :(

Kebanyakan driver yg gw coba install di Vista gagal. Alasannya macam2, tp kebanyakannya driver ini nggak mengenali Vista. Akhirnya cuman sebagian driver yg gw install. Untungnya Vista mengenali kebanyakan komponen PC gw kayak VGA Card, jd gw nggak perlu install driver VGA lagi.

Kesan Kelima : Konfirmasi Yg Menyebalkan

Tiap kali anda mencoba proses yg berhubungan dengan sistem, sebuah jendela konfirmasi akan keluar. Yg paling menyebalkan, nggak ada pilihan untuk mengabaikan fungsi ini, jadi jendela ini sering banget muncul.

Kesan Terakhir : Ternyata Vista Emang Nggak Gratis :P

Vista minta aktivasi dalam waktu 30 hari setelah instalasi. Yaaahhh .... gw kirain dah bisa dipake penuh ...

Back to XP Pirated Edition ding ... :P

4 comments:

  1. napa ribet mas, mending download aja VTP 8.0.1 yang abru aja kluar! masih XP cuman persis plek ama Vista! bedanya yang ini 100% Free!

    ReplyDelete
  2. VTP ? Maksudnya Vista Transformation Pack ya, mas ? Hehehe ... saya udah coba sih, cuman akhirnya diuninstall lagi. Habis bikin windows xp rada nggak stabil dan berat.

    ReplyDelete
  3. aku minta vista .download

    ReplyDelete