Monday, February 26, 2007

Go Documentary ...

Akhir2 ini gw jarang banget nonton film fiksi, sudah bosan kayaknya, padahal di rumah banyak banget film baru-baru yg blom sempat ditonton. Sebagai gantinya, gw sekarang malah suka nonton film dokumenter. Kebanyakan sih film scientific yg ada hubungannya dengan astronomi, sisanya sejarah atau horor :D. Dari film2 ini, gw jd tau banget kalo ilmu yg kita dapat di sekolah selama ini masih kuraaaaaang sekali dibandingkan yg didapat orang di luar negeri (makanya gw pingin sekolah lg ke luar negeri). Berikut beberapa film dokumenter tentang science dan astronomi terbaik yg pernah gw tonton plus ringkasan ceritanya.

1. BBC - The Blue Planet - Eps 2. The Deep

Mahluk2 Aneh dr Laut Dalam :) 

Film Dokumenter terbaik tentang biologi laut yg pernah gw tonton.
Banyak orang yg nggak tau kalo sebenarnya baru sedikit sekali bagian bumi yg sudah pernah dijelajahi. Salah satunya adalah laut dalam. Orang lebih banyak melakukan penelitian ke luar angkasa dibandingkan menyelami ribuan meter ke dalam samudera. Padahal di dalam kegelapan lautan inilah tersingkap banyak misteri kehidupan di Bumi, mulai dari spesies2 ikan laut dalam yg "aneh" dan penuh cahaya, binatang2 purba yg masih hidup sampe skrg, "danau" di bawah laut (bingung kan :P), sampe kehidupan misterius di tengah suhu ratusan derajat celcius di dasar laut terdalam planet ini...

2. BBC - Space Odyssey - Voyage to The Planets

Petualangan Mengarungi Tata Surya

Film ini jg bagus, perpaduan antara dokumenter dan drama :).
Sejak misi Apolla 11 (yg katanya kebohongan terbesar abad ini), manusia tidak pernah menjejak lg dunia selain bumi. Film ini menceritakan saat di mana manusia menjelajah angkasa dengan pesawat yg dirancang untuk mengarungi sistem tata surya kita, mulai dari Venus sampai Pluto (Mercury nggak disinggahi karena terlalu panas), saat di mana para awak menjejakkan kaki di atas permukaan Venus yg membara, tersapu Badai Pasir ganas di Mars, Hujan Radiasi dan Gempa Vulkanik di Io (satelit Jupiter), sampe terjebak di dalam amukan badai meteor ketika pesawat mereka berusaha keluar dari ekor sebuah komet.

3. Discovery Channel - Alien Planet

Inilah Sea Strider, mahluk terbesar di planet Darwin IV 

Sudah bukan rahasia lagi kalo banyak orang menganggap kehidupan nggak cuman ada di Bumi. Tapi kalo memang ada, bagaimana bentuknya dan seperti apa planetnya ? Di angkat dari buku "Expedition" karya Wayne Douglas Barlowe, film ini menggambarkan seperti apa kira2 dunia baru yang belum pernah diketahui manusia. Planet Darwin IV, dengan daratan luas dan Laut Amoeba, lautan yang seluruh permukaannya tertutup mikroorganisme aneh yg belum pernah dilihat di Bumi, mahluk raksasa GroveBack di darat dan Sea Striders yg menguasai lautan, sampe Eosapiens, alien aneh dengan kecerdasan seperti manusia...

4. National Geographic - Alien Worlds (ExtraTerrestrial) - Aurelia and Blue Moon

Aurelia, planet yg tak pernah berotasi 

Para ahli menduga bahwa kehidupan di luar Bumi mungkin sekali terjadi pada daerah di alam semesta yg memilki bintang merah kerdil (Red Dwarf Star) dan planet gas raksasa (Gas Giants). Film ini menggambarkan kondisi dua planet yang kemungkinan besar memiliki kehidupan seperti halnya bumi.

Blue Moon, di planet ini anda bisa melihat ikan paus yg bisa terbang di angkasa :) 

Aurelia, sebuah planet pengorbit bintang kerdil yg tak pernah berotasi karena terikat oleh gravitasi bintang tsb, di satu sisi mendapat sinar dan kehangatan sedang sisi lainnya hanyalah kebekuan dan  kegelapan abadi. Dan Blue Moon, sebuah satelit dr planet gas raksasa, dunia penuh predator dan raksasa yg menguasai angkasa.

5. BBC - The Planets - Eps.7 Destinies

Gambar Io, satelit Jupiter yg secara geologis merupakan dunia paling  

Film dokumenter yang menceritakan "akhir cerita" dari planet-planet yg ada di tata surya kita. Ketika Cincin planet Saturn menghilang, Triton - satelit planet Neptune - hancur oleh gravitasi planet induknya, sampe saat-saat menjelang ajal matahari, di mana Matahari kehabisan "bahan bakarnya", berubah menjadi Bintang merah raksasa yg akhirnya menelan Mercury dan Venus serta mengakibatkan kiamat di bumi, sampai akhirnya redup dan lenyap dari angkasa.

Sebenarnya masih ada beberapa film lain yg asik ditonton, nanti gw sambung lagi ;).

3 comments:

  1. ini bagus sekali.........aku juga mau cerita2 beginian....
    tambah lagi ya......

    ReplyDelete
  2. Gooood,,, Goood..
    Bener Bro gw juga suka.. Eh ente dapet VCD/DVd-Nya dmn?

    Tks Bro

    ReplyDelete
  3. @ anto : Sebagian beli di gramedia, gunung agung dll, sebagian lagi download dr internet (P2P/torrent)

    ReplyDelete