Friday, February 23, 2007

Busy ... I'm so busy ... !!

Bulan februari ini benar-benar bulan yg "luar biasa". Awal bulan, kost gw kebanjiran, untungnya air nggak masuk kamar. Sialnya, barang-barang yg gw ungsikan ke lantai 2, malah kena air hujan. Untungnya yg kena air cuman CD-RW sama gitar, kalo sampe ijasah gw kena, bakal repot ntar.

Itu masih belum apa-apa. Pertengahan bulan ini, PC gw jg ngadat. Gara-garanya simpel sih sebenarnya, slot VGA kotor. Cuman karena waktu itu lg sibuk-sibuknya, gw udah pusing duluan. Akhirnya setelah PC itu dielus-elus dan dibersihkan (setelah sebelumnya sempat ditendang), gw bisa berkomputer ria lagi.

Belum selesai keringat ilang habis ngebenerin PC, tiba-tiba bos gw nyeletuk, "Dhi, ntar lu migrasi ke PHP aja yak. Soalnya produk kita ntar banyak yg webbased".

Walah, PHP. Bukannya nggak bisa PHP. Gw cuman sudah 1,5 tahun nggak ngulik2 PHP lagi. Udah banyak yg lupa. Tapi karena kebutuhan perusahaan dan gw emang lg butuh tantangan baru (ehm..) gw terima aja. Hasilnya emang sesuai dengan perkiraan gw.

Cuman untuk membuat form input data sistem ERP yg bakal dipake aja gw kelabakan. Kalo pake VB gw yakin 2-3 hari jg beres. Nah pake PHP, udah seminggu nggak beres2 :D. Logika programnya rada beda. Kadang2 cara dan algoritma yg gw pake di VB nggak cocok dengan PHP.

Misalnya aja, kalo di VB hasil perhitungan punya tanda yg sama dengan pengisian variabel. Misal A = 1+1, tanda sama dengannya dipake juga buat mengisi variabel, misal :A$ = "Yg baca belum mandi .. kakakak " :D

Kalo di PHP mah beda. Buat perhitungan pake tanda sama dengan ganda, misal A == 1+1. Sedangkan pengisian variabel pake tanda sama dengan tunggal seperti biasa. Konyolnya, gw sempat stuck semalaman cuman gara2 masalah sepele kayak gini. Belum lagi gw harus terbiasa lagi dengan lingkungan kerja tanpa tools kayak jendela watch di VB, terus nggak ada debugging pula. Jadi kalo programnya error kadang bisa berjam-jam cari sumber masalahnya.

Tapi nggak apalah ... namanya jg kerjaan :) 

No comments:

Post a Comment