Saturday, August 26, 2006

Ragnarok Offline ~ Private Server [Part 2]

.... sambungan dr post sebelumnya 

Rabu, 23/08/06,

Waktu browsing di google, gw ketemu salah satu forum buat buat bikin private server RO, IndoRO Forum. Sayangnya isi forum ini kayaknya kurang diupdate. Banyak tips2 lama yg masih ada di sana dan udah nggak cocok dgn RO sekarang. Gw jg sempat ngikutin salah satu tips buat bikin server private RO sampe akhirnya gw temukan banyak kejanggalan waktu main dan ujung2nya RO crash di salah satu map. Tp setelah kejadian ini gw jd lumayan paham mekanisme dasar private server dan bagaimana membuat RO yg tadinya online menjadi offline (terhubung ke private server kita).

Gw jg akhirnya dpt forum lain yg lebih lengkap untuk hal2 berbau private server, eAthena Support Board

 

Kamis, 24/08/06,

Gw coba lagi bikin private server dengan server athena yg baru, SVN eAthena Stable Version. Di sini gw dapat masalah lagi, soalnya ternyata RO Client yg gw pake nggak match dengan servernya. Jadi, tiap kali server diload, proses berhenti di saat map server di-load. Jadi gw harus install client baru yg kompatibel dengan server yg gw punya. Akhirnya gw harus download client baru, KRO. Karena waktu itu gw belum paham perbedaan Ragnarok Client dan Sakray Client, akhirnya gw download yg paling besar dulu, Ragnarok.

Installer kRO 

Setelah diinstall, ternyata servernya jalan. Ada error sedikit memang, tp proses jalan terus. Masalahnya muncul lagi waktu gw coba patch file ragexenya. Ternyata patch yg gw dapat di forum eathena nggak cocok dgn clientnya. Sempat putus asa jg memang, untungnya gw ingat kalo gw masih punya patch terakhir yg gw dapat di salah satu blog tentang RO Offline. Gw coba pake, dan ternyata jalan !!

Tapi errornya masih ada, bhs untuk item descriptionnya masih amburadul (gibberish).

 

Jumat, 25/08/06, 

Akhirnya setelah download translation packnya, semua beres. Item descriptionnya bisa diconvert ke Bhs Inggris. Tp masih ada bagian client yg pake bhs Korea. Tp akhirnya gw bisa selesaikan masalah ini, dengan mengganti nama folder texture ybs. Akhirnya semuanya bisa jalan lancar, bhs dah diconvert ke bhs inggris semua, map nggak ada yg error dan gw sudah bisa enjoy mainin RO Offline gw sendiri ... hehehe ....

Tp gw masih penasaran, kenapa patch yg gw download dr forum eathena nggak jalan. Padahal patch itu dibuat untuk client terbaru (dan gw sudah download yg paling baru). Terus kenapa gw harus download sakray lg ? Terus knp masih ada sedikit error waktu map-server di-load ?

Buat menjawab semua ini, akhirnya gw coba download installer sakray client. Ternyata downloadnya nggak semudah dengan waktu download Ragnarok client. Server buat downloadnya ternyata down. Udah gitu malamnya, forum eathena ikutan down. Untungnya gw masih ada backup halaman tempat eathena nyimpan link2 untuk download client. Dari semua link itu cuman satu yg jalan, tp itu udah lebih dr cukup. Akhirnya gw download sakray, sambil nunggu , gw coba ngutak-ngutik server baru gw.

Gw coba tambahin scriptnya buat nambahin NPC. Hehehe ... ternyata ada beberapa script NPC built-in yg sengaja dinon-aktifkan. Penasaran, akhirnya gw aktifin aja sebagian. Wah, ternyata NPC2 ini keren jg, fungsinya jg macam2. Akhirnya gw tambahin sebagian NPC lg server eAthena dengan NPC yg aneh2 dikit. Semua udah dicoba, dan jalan semua. Ternyata asik jg ngutak-atik script NPC. Soalnya bagian ini mirip banget dengan programming, wajar kan kalo gw suka. Ntar kalo ada waktu gw mau coba bikin NPC sendiri.

 

Sabtu, 26/08/06,

Akhirnya Installer Sakray selesai di download setelah 6 Jam (900 MB, man) dan gw install. Terus iseng2 gw joba pake patch terbaru yg gagal dijalankan kemarin.

Setelah RO Client Jalan mulus .. :D
 

Ternyata jalan dan mulus !! Dan kali ini, error 'kecil' yg muncul setiap gw start server sudah nggak muncul lg. Sekarang gw ngerti apa sebabnya, dan nanti gw akan coba bikin guide tentang haln ini. Yang paling penting, sekarang RO Offline gw udah komplit dan bisa jalan stabil.

Happy playing Ragnarok Offiline ... !!

14 comments:

  1. salam kenal!

    boleh gak coba and download RO Offlineya , jadi pengen coba nih , thanks
    mo coba nih RO offline bikinan sendiri heheheh. plssssss....
    Ragnarokersss....

    ReplyDelete
  2. this is much cool play now !!!

    ReplyDelete
  3. i´m gm of servidor adrenaline-ro

    ReplyDelete
  4. ui!!!! gimana sih mau buat server supaya bisa d connect ma tmn lwat internet?

    ReplyDelete
  5. hai aku anton. aku mau minta tips lagi dong giman si caranya downloaad RO biar cepet ? karna aku dah 4 jam nongkrongin RO ga selesai2 ? dan aku juga bingung karna downloadnya hnya kata2 ga jelas gitu acur banget .......di RO sakray ?tolong di bantu yach

    ReplyDelete
  6. hello.........
    bro leh ajar x camner nk buat ro online jadi ro offline...
    tolong ajar saye leh x?
    saye nk taw la.......
    mintak tunjjuk ajar bleh x?
    saye nk buat ro trinity.....
    tolong ajar taw......

    ReplyDelete
  7. kk ardhi aku mnt tolong
    web untuk download eathena SVN server di mana
    soalnya aku download tpi gk ad GM_account nya gmn lhoo
    cara buat GM account (kalo gk ad GM_account)
    tlng kasi solusi y y y

    ReplyDelete
  8. hai2 lam kenal....
    u download ragnarokx di mana?
    boleh mintak gak?

    ReplyDelete
  9. sya mau dong bkin private server cma satu sekolah tp penghubungnya internet. caranya dong satu persatu dan detail. heheh :D

    ReplyDelete
  10. kk salam kenal ^_^
    kk bisa tolong lebih detail ga caranya soalnya gw dah beres ngebuat tp error trus klo boleh programnya download di link pa ja tolong bantu y kk
    tolong kirim ke renaldobudiman@gmail.com
    Thx kk ^_^

    ReplyDelete
  11. mav mas bole bagi bagi ragnarok offlinenya ga??

    ReplyDelete
  12. nih ada private server ro yg lbih bgus..
    web : fabulousro.co.cc
    silakan kunjungi..bs minta dvd nya jg lho gratis..tis..tis..
    lvl = 150/70
    EXP = 2,5k
    Episode = always update!!!
    guilotine cross, warlock, genetic, royal guard, rune knight dah ada!!

    ReplyDelete
  13. apakah anda Developer PS ro jg??
    klu ia mohon sms ke 0819 2853 4247
    saya ingin membuad RO dgn mengunakan jasa Developer RO yg kren
    Terima kasih ^^

    ReplyDelete