Saturday, August 26, 2006

Ragnarok Offline ~ Private Server [Part 1]

Sebelum mood gw buat nulis hilang, gw mau nulis lagi ..... 

Karena kerjaan dah hampir beres sebelum deadline, gw jadi punya waktu untuk santai-santai. Akibatnya dalam dua hari terakhir ini, konsentrasi gw yg biasanya ada dicoding2 VB, berpindah sementara ke coding2 game. Kok coding2 game ?

Semua bermula waktu selasa kemarin. Waktu kerjaan dah beres, gw jd kepingin coba game yg dulu pernah bikin gw nyaris di-DO dr kampus ... hahaha ..... Game ini sebenarnya udah bapuk karena banyak game2 lain dr genre sejenis yg lebih populer saat ini. Yak, gw mau coba mainkan lg Ragnarok.

Selasa, 22/08/06,

Rencananya sih gw mau bikin private server gitu, buat gw sendiri atau kalo ntar ada teman kantor yg mau join main RO. Untuk servernya gw pake Vidar. Setelah selesai install, gw copy langsung RO dari komputer gw di Serpong ke komputer kantor di kantor. Awalnya sih normal2 aja, tp habis itu banyak hal aneh terjadi. Di beberapa bagian game, seringkali karakter gw freeze alias nggak bisa ngapa2in. Anehnya programnya nggak crash, jd kalo gw jalanin shortcut2 di game, shortcut itu masih bisa jalan. Akhirnya gw coba keluar dr program. Sama aja.  Nggak ada respon. Dugaan gw, kalo bukan server yg ngaco, pasti ada masalah di client.

Setelah ngobrol di YM sama salah satu master game online di kampus emoticon,  kecurigaan mengarah ke server. "Ada script yg error kayaknya, dhi.", katanya. Wah, masalahnya gw belum pernah ngulik2 script buat server RO. Akhirnya gw putusin buat download versi Vidar yg baru, sekalian belajar script buat server RO, toh masih ada waktu luang (padahal, ujung2nya waktu gw malah habis cuman gara2 server RO ... hehehe .... Sialnya ternyata website vidar sudah ditutup dan katanya vidar sudah nggak dikembangin lagi ... nasib.

Karena udah benar2 sakaw kepingin main, gw install RO indonesia buat bisa main online. Setelah nunggu sekitar 6 jam, akhirnya installer bisa didownload semua. Ada sekitar 500an MB untuk RO id. Setelah diinstall, ternyata nggak bisa langsung main, clientnya harus download patch dulu. Ini yg bikin sebal. Mungkin ada 1 jam sampe semua patchnya selesai didownload. Dan yg paling menyebalkan adalah, pas waktu main online, lag nya itu ... astagfirullah ... padahal untuk koneksi internet di kantor udah pake speedy, unlimited pula, dan gw mainnya jam 1/2 3 subuh. Masak sih masih lag juga ?

BT ... emoticon akhirnya gw putuskan buat cari server lain buat bikin Private Server lg, walaupun bukan Vidar. 

To be Continued .... 

1 comment:

  1. Om,,, itu cara downloadna pas langkah instal gmana si? yg kata ada link ke eAthena? gw masuk situ,, dah daftar,,, eh malah bingung maw klik yg mana,,, bisa bantu??? hm,,, tuh friendster cewe gw,, gw ga pny e mail soalna,,, (sbenerna si lupa email gw sndiri,,, wkwkkwkwkwkw) thx~~ balez yupz! hiks....

    ReplyDelete