Saturday, May 30, 2015

Meteo #18 - Cara Menjalankan Model WRF-EMS (Part 5 - Memroses dan Menampilkan Keluaran Model)

Tulisan ini adalah kelanjutan dari tulisan tentang model WRF-EMS via VMware Player. Bila ada bagian yang belum dipahami, silakan baca terlebih dahulu tulisan-tulisan sebelumnya :
  1. Instalasi model WRF-EMS di Linux via VMware Player
  2. Menjalankan WRF-EMS bagian 1 : Konfigurasi Time Zone
  3. Menjalankan WRF-EMS bagian 2 : Membuat Domain
  4. Menjalankan WRF-EMS bagian 3 : Inisiasi Data dengan ems_prep 
  5. Menjalankan WRF-EMS bagian 4 : Menjalankan Simulasi Model
Tulisan ini adalah bagian akhir dalam petunjuk menjalankan model WRF-EMS. Setelah simulasi dilakukan dengan perintah ems_run dijalankan, maka WRF-EMS akan menyimpan data keluaran hasil simulasi pada direktori :

<direktori_domain>/wrfprd


Data-data ini memiliki format netCDF dan sebenarnya sudah bisa anda gunakan, misal untuk analisis atau ditampilkan dengan program lain. Namun, tentunya akan lebih mudah lagi bila data-data ini dikompilasi ke dalam berbagai format yang lebih universal yang akan mempermudah pengguna untuk mengolah data tersebut. Kita dapat menggunakan perintah ems_post untuk melakukan hal tersebut. Seperti halnya dua perintah WRF-EMS sebelumnya, kita dapat memroses data keluaran model dengan perintah sederhana, dengan syntax :

ems_post --domain <nomor_domain> --format_data

Contoh paling mudah, kita ingin mengubah data keluaran WRF-EMS untuk domain 2 ke dalam format data yang dapat dibuka dengan GrADS. Maka kita cukup menggunakan perintah :

$ ems_post --domain 2 --grads


Hal penting yang perlu diingat, anda harus menjalankan perintah ini pada direktori domain yang sama tempat anda menjalankan perintah ems_run. WRF-EMS akan mengubah file keluaran model ke dalam format GRIB2 yang dapat diproses oleh GrADS.


Bila proses berjalan lancar, data GRIB2 untuk GrADS tadi dapat ditemukan dalam direktori :

<direktori_domain>/emsprd/grads


Bila anda ingin memroses data tersebut dengan GrADS, anda bisa langsung menjalankannya pada direktori yang sama (GrADS akan terinstall secara otomatis pada saat instalasi WRF-EMS).

Semoga bermanfaat :-)

No comments:

Post a Comment