Friday, May 22, 2015

WhatsApp Messenger Ver. 2.12.94


WhatsApp alias WA, instant messenger (IM) sejuta umat, mendapatkan update terbarunya. Setelah menambahkan fitur web call, kali ini yang dipermak adalah user interface. Sebagai salah satu pengguna setia WA, saya sebenarnya tidak terlalu peduli dengan user interfacenya. Buat saya, salah satu kelebihan WA dibandingkan IM lain adalah tampilannya yang minimalis, cocok buat orang-orang yang lebih mementingkan kualitas koneksi dibandingkan estetika. Toh, buat apa tampilan bagus-bagus tp pesan suka telat nyampe ? Tapi khusus untuk update WA terbaru ini, bolehlah saya buat review singkat tentang user interface anyar WA plus pengaruhnya terhadap kualitas messaging-nya.

Kesan pertama dari user interface terbaru WA ini adalah 'bulet'. Mulai dari profile pic sampai tampilan chat penuh kesan bulet. Mungkin developernya ingin membuat WA lebih terlihat slim atau streamline dengan tema bulet ini. Tapi nggak tahu kenapa, saya merasa ada nuansa Facebook pada tampilan WA terbaru ini. Atau cuma perasaan saya saja ? Entahlah ...

Di bawah ini adalah perbandingan tampilan WA baru (kiri) dengan yang lama (kanan).























Dari sisi warna nyaris tidak ada bedanya dengan tampilan lama yang masih didominasi warna hijau yang memang jadi trademark WA itu sendiri. Namun kali ini, warna hijau pada versi baru jauh lebih terang dibanding yang lama. Selain itu, garis-garis pembatas pada header dihilangkan, menambah kesan modern dan ... mirip Facebook (saya sudah bilang belum tadi ?).






















Tema terang lebih kelihatan jelas pada jendela chat. Kali ini background emoticon berwarna putih dibandingkan dengan versi lama yg berwarna hitam. Chat bubble juga ikutan menganut tema bulet dibandingkan versi sebelumnya yang persegi. Emoticon sejauh ini masih terlihat sama dengan sebelumnya.

Overall, update terbaru kali ini cukup bagus dan modern, walaupun sebenarnya saya lebih suka tampilan lama yang simpel. Tema bulet memang bagus, tapi akibatnya ruang profile pic jadi lebih kecil dan lebih sukar dilihat. Untungnya, performa WA itu sendiri tidak terlalu terganggu dengan tampilan baru ini. Pesan masih bisa terkirim tepat waktu ... setidaknya sampai saat ini.

Akhir kata, update WA kali ini cukup bagus dan saya rekomendasikan untuk dicoba. 

No comments:

Post a Comment