Tuesday, May 22, 2012

Riset Riset dan Riset

Cuma sekedar iseng nulis riset yg HARUS saya lakukan dalam beberapa bulan mendatang. Sebagian besar adalah riset pribadi, dan sebagian lagi memang tugas dari kantor.
  1. CDR Auto Recovery and Analysis. Salah satu tujuan pekerjaan ini adalah membuat CDR mampu 'mengatasi' masalahnya sendiri (terutama yg berhungan dengan software) tanpa bantuan operator. Masalah CDR yang paling sering terjadi adalah antenna dan disk error. Malangnya, masalah-masalah tadi terjadi di waktu yang seharusnya menjadi waktu istirahat/santai operator, padahal data CDR sudah menjadi konsumsi publik. Dengan adanya sistem ini, setidaknya pekerjaan operator bisa sedikit lebih ringan dari biasanya, dan CDR tetap bisa beroperasi normal. Tujuan lainnya adalah untuk keperluan analisis. Salah satu mimpi saya sebagai seorang meteorologist adalah membuat suatu sistem prediksi cuaca (hujan) untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, setidaknya dalam jangka pendek (di bawah 6jam) atau istilah kerennya : nowcasting. Untuk langkah awal, mungkin metodenya tidak perlu rumit-rumit, cukup metode empirik dan Hovmoller Diagram. Setidaknya informasi  ini bisa berguna bagi masyarakat Jakarta yang butuh informasi prediksi cuaca dalam periode singkat.
  2. Post-HARIMAU IOP 2011 preliminary results. Ini pekerjaan yg harus saya selesaikan, setidaknya sebelum pertengahan Juni 2012. Yang harus dianalisis adalah data hasil pengamatan XDR Padang, dan TRMM 3G68 selama kegiatan IOP 2011. Data XDR sudah selesai dianalisis, tinggal 3G68 saja yg belum (karena mengolahnya susah T_T).
  3. Intraseasonal-variability Auto Analysis. Pekerjaan ini kurang lebih sama dengan analisis otomatis untuk CDR. Bedanya, data diperoleh dari produk GSMaP NRT atau TRMM 3B42RT, dan lebih bersifat forecast (di atas 24 jam). Belum tau pasti kapan bisa dikerjain, tp rencananya setelah pertengahan Juni 2012.
  4. Landslide Early Warning System. Penelitian ini sudah pernah saya lakukan ketika mengerjakan thesis S2 tahun kemarin. Data yg digunakan lumayan banyak, mulai dari SRTM, MODIS, HWSD, TRMM dan CDR, jadi relatif lebih ribet dari pekerjaan-pekerjaan lain. Entah kapan bisa dilanjutkan @_@.

No comments:

Post a Comment