Monday, May 28, 2012

Cara Menyunting Crontab di Sun Solaris

Crontab (cron table) adalah file konfigurasi yang berisi informasi perintah shell UNIX berikut waktu eksekusinya yang akan dijalankan oleh cron (job scheduler UNIX). Pada Linux, crontab umumnya dapat disunting dengan mudah dengan menggunakan text editor, misalnya Vi. Namun pada Solaris, hal ini tidak selalu bisa dilakukan, seperti yang saya alami beberapa jam yang lalu.

Normalnya, perintah untuk menyunting crontab adalah : "crontab -e"

Hasil yang saya peroleh setelah menjalankan perintah di atas :

# crontab -e
716

Entah apa maksud angka di atas, yang jelas saya tidak bisa menyunting crontab dengan cara yang lazim dilakukan di Linux. Setelah bertanya pada Om Google, saya menemukan pemecahan masalahnya. Hal ini dikarenakan Solaris (milik saya) belum dikonfigurasi untuk melakukan penyuntingan dengan editor tertentu. Untuk membuat Solaris melakukan penyuntingan crontab dengan editor teks vi, saya menggunakan perintah berikut, namun lagi-lagi terjadi error :

#export EDITOR=vi
EDITOR=vi is not an identifier

Masalah tersebut terjadi karena shell yang saya gunakan adalah shell Solaris, bukan bash. Dengan demikian perintah di atas harus dibagi dua agar bisa bekerja pada shell Solaris.

#EDITOR=vi
#export EDITOR

Problem solved, dan saya bisa menyunting crontab dengan menggunakan vi .. :-)

Yg perlu diingat, konfigurasi ini tidak disimpan oleh Solaris dan anda harus mengulangnya setiap kali login. Cara lainnya adalah memasukkan perintah tersebut ke file konfigurasi Solaris agar bisa dijalankan setiap kali boot/start up. 

No comments:

Post a Comment