Saturday, April 12, 2008

Cara Buka Situs Yang Diblokir (Please use it with caution !)

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

Sebenarnya ini bukan trik baru, tp mungkin bisa berguna buat yg belum tau. Lagian sekarang kan di Indonesia lagi musimnya blokir-blokiran situs. Kalau kebetulan anda pakai ISP (Internet Service Provider) yg 'beruntung' dan sempat dikirimi 'surat sakti' dr Depkominfo dan akhirnya ikut melakukan blocking terhadap situs-situs tertentu, mungkin tulisan ini bisa sedikit 'bermanfaat' emoticon.

Saya pribadi bukannya menentang kehendak Depkominfo loh ya (misalnya yg berhubungan dengan film 'Fitna'). Sebagai muslim, saya sangat menentang penyebaran film tersebut di internet. Tapi melakukan blok terhadap beberapa situs tertentu hanya karena satu film kontroversial, menurut saya terlalu naif. Kalau anda punya waktu buat searching di google, ada banyak sekali film, foto bahkan tulisan yg men-diskreditkan suatu agama dan kepercayaan tertentu (umumnya Islam), dan itu adanya jauh sebelum film Fitna muncul. Jadi, rasanya lucu aja kalo sekarang baru main blok-blokan situs. Kesan yg ada, pemerintan Indonesia lamban dan gaptek. Sebab, selama masih terhubung ke internet, ada banyak cara untuk membuka situs-situs yg diblokir tersebut. Mungkin itu sebabnya, nggak banyak negara (malah mungkin cuman Indonesia) yg mau memblokir situs seperti Youtube dll.

Udah ah, langsung aja ke topik utama.

Google Language Tools

Mungkin ini cara yg paling praktis. Tp nggak tau ntar kalo Google jg ikut diblok pemerintah (semoga tidak).

Google Language Tools 

  • Buka Language Tools-nya Google.
  • Di bagian 'Translate a Web page', masukkan alamat situs yg diinginkan. Langsung tekan Enter/Translate (pilihan bahasanya cuekin aja).

Sekedar catatan, cara ini mungkin kurang manjur kalo anda terhubung ke jaringan (LAN) yg menggunakan proxy lokal untuk terhubung ke internet.

Transparent Proxy - Kalau anda langsung terhubung ke internet/ISP (No Local Proxy)

  • Bukalah situs-situs yg memberikan informasi daftar proxy gratis di internet, misal di sini. Anda juga bisa mencari alternatif lain dengan mengetikkan "free proxy" pada google.
Daftar proxy transparent
  • Pilih salah satu proxy yg transparent (ngasih alamat IP). Cari lokasi yg dekat-dekat Indonesia, misal thailand, fillipina, singapura dll. Copy alamat IP dr proxy tersebut. Jangan lupa port-nya.
  • Kalo browser anda Mozilla Firefox, pilih Tools --> Options --> Advanced --> Network --> Connection (Settings).
  • Pilih 'Manual Proxy Configuration', lalu isikan alamat dr proxy yg anda copy sebelumnya dan portnya. Misal IP : 202.28.27.4, Port : 80
  • Kasih tanda cek pada option 'Use this proxy server for all protocols' dan klik OK.
Firefox Connection Setting
  • Silahkan browsing situs yg diblok. Masih keblok nggak ?

 
Anonymous Proxy - Kalau anda terhubung pada jaringan (LAN) dengan proxy lokal. 

Ini nih yg biasanya jadi momok di kantor-kantor atau kampus. Kalo udah gini, nggak perlu ada blok dari ISP juga situsnya banyak yg udah keblok sama proxy lokal. Kalo anda nekat mau coba akses situs-situs nggak jelas, biasanya akan muncul pesan 'Access Denied' dll. Kalo di kampus saya dulu, biasanya yg muncul gambar cumi-cumi gede yg ngeblok akses ke situs nggak jelas tersebut. Mau pake proxy transparent jg nggak bisa, soalnya alamat proxynya udah dipake sama proxy lokal.

Contoh anonymous proxy 

  • Buka situs yg menawarkan web anonymous proxy, misal di sini. Anda bisa mencari alternatif lain dengan mengetikkan "free anonymous proxy" di google.
  • Masukkan alamat situs yg ingin diakses pada textbox. Klik OK/enter.
  • Situs tujuan akan segera terbuka. Perhatikan di bagian atas situs, biasanya akan ada semacam textbox yg disediakan anonymous proxy. Bila anda ingin browsing ke situs lain yg diblok, gunakan textbox ini, jangan gunakan address bar di browser.

Cara ini sedikit lebih lambat (umumnya karena iklan) dan lebih beresiko, sebab metode yg dipakai lebih bersifat site redirecting, sehingga sangat rawan kejahatan, misalnya Phising. Jadi sebaiknya jangan gunakan proxy anonymous untuk membuka situs yg membutuhkan otentifikasi data pengguna (username/password) seperti email, ebanking, estore dll. Salah-salah ntar informasi account anda ketahuan sama pemilik situs proxy anonymous yg nggak bertanggung jawab.

 

Sebagian situs juga umumnya melakukan blocking apabila mendapati pengguna yg menggunakan proxy anonymous untuk mengakses servernya. Jeleknya lagi, kebanyakan situs yg menawarkan anonymous proxy itu umumnya lambat dan belum tentu menampilkan isi situs seperti yg kita inginkan. Misal kalo buka youtube, biasanya videonya lambat atau malah nggak bisa tampil.

So, use it at your own risk emoticon.

How does Proxy Server work ?

Menurut Wikipedia, proxy server adalah server yg melayani permintaan akses dari pengguna (client) dengan meneruskan permintaan tsb (forwarding) ke server tujuan. Jadi, misal anda pake proxy dan ingin mengakses Yahoo!Mail, data akan dikirimkan terlebih dahulu ke proxy server sebelum dikirimkan ke server Yahoo. Begitu pula sebaliknya, data dari server Yahoo akan diterima terlebih dahulu oleh proxy server sebelum dikembalikan ke pengguna. Apa untungnya pake proxy ?

Anggaplah proxy server itu penjaga LAPAS (yg umumnya serem-serem dan penuh curiga). Kalo ada napi ingin mengirim barang ke luar atau menerima barang dari luar, kan biasanya diperiksa dulu sama si penjaga. Barangnya mencurigakan atau nggak. Kalo aman, barang untuk napi dikasih atau kalo mau dikirim, barangnya diantar lagi sama penjaga (ke tukang pos misalnya). Dengan demikian, orang lain juga belum tentu tahu kalo itu barang kiriman si napi (karena yg antar si penjaga).

Jadi, selain berguna untuk keamanan data, proxy juga bisa berfungsi 'menyamarkan' identitas si pengirim/penerima data tersebut.

Lebih dari itu, proxy server juga dapat mempercepat akses ke situs yg banyak diakses pengguna dengan menyalin sebagian data situs ke proxy server tersebut (caching). Kembali ke LAPAS tadi. Misal si penjaga tahu kalo napi-napi suka ngerokok, dia bisa buka usaha rokok di LAPAS, sehingga napi bisa memperoleh rokok dengan cepat tanpa harus titip beli rokok di warung luar. Mungkin kayak gitu analoginya.

Extra/External Proxy Server

Secara sederhana, aliran data dari pada saat pengguna (client) mengakses suatu server (situs) dapat digambarkan sebagai berikut.

Client ---> ISP/Local Proxy ---> Situs

Pada kasus site blocking, ISP/Local Proxy akan memeriksa alamat situs yg diakses pengguna. Bila alamat tersebut masuk 'daftar hitam' atau blacklist, akses pengguna ke situs akan diblok. 

Client ---> ISP/Local Proxy --- X Blocked !! X --> Situs

Sekarang, kalo misal pengguna menggunakan proxy tambahan (transparent, anonymous dll), aliran datanya akan jadi seperti ini :

Client ---> ISP/Local Proxy ---> ext Proxy Server ---> Situs

Udah kebayang kan ? Bila pengguna menggunakan proxy tambahan, data/request yg dikirimkan (setelah melalui ISP) akan singgah terlebih dahulu ke proxy tambahan tsb. Proxy ini akan 'memodifikasi' identitas pengguna dan situs tujuan (misalnya IP), sebelum data sampai ke situs tujuan, demikian pula sebaliknya. Jadi si ISP akan menganggap pengguna hanya mengakses proxy tambahan tersebut dan mengizinkan komunikasi antara keduanya, walaupun yg diakses pengguna sebenarnya adalah situs lain (misalnya situs yg diblacklist tadi).

23 comments:

  1. Kok masuk (log In) ke situs yg block susah yawh..
    ada cara yg lebih nggak? yawh
    acctually masukan yg anda BUAT TOP BUANGET.....
    SALUTTT!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  2. gmn caranya buka situs yang di blokir.?
    karena di tempat saya ada komputer server yang berfungsi untuk mngontrol semua yg dibuka di laboratorium komputer

    ReplyDelete
  3. @ poetra : Thanx. Sejauh ini, cara yg paling bagus adalah lewat proxy transparent. Kalo proxy anonymous kadang masih gagal, dan nggak semuanya ngasih layanan buat login ke website tertentu.

    @ wian : pake proxy lokal ya ? cobain aja proxy anonymous, walaupun nggak 100% berhasil.

    ReplyDelete
  4. Udah coba pake cara Transparant proxy, kok masih ngga bisa jg? muncul pesen "Gateway 504 Timeout". Mhn pencerahannya

    ReplyDelete
  5. @ junudi : Salah satu resiko pake transparent proxy emang gitu, lambaaaat. Coba cari aja yg lain lewat google. Masih banyak kok.

    ReplyDelete
  6. saya senang sekali dengan adanya blog ini karena bisa membuat kita belajar banyak akan gimana cara membuat koneksi interntet kita lebih cepat atau bisa membuka Web yang sudah di batasi accesnya.khususnya bagi pemula di dunia maya.

    ReplyDelete
  7. carinya dimana proxy transparent? kalo lewat google apaan yg ditulis?

    Ardhi says :
    "Keyword googlenya : 'free transparent proxy' atau 'proxy for free'" :)

    ReplyDelete
  8. Gimana cara dapetin film Fitnah?
    film nyata gitu sayang kalo gak dilihat
    entar dikira gak pernah terjadi
    bukti sepenting itu sayang kalo gak dilihat
    terima kasih

    ReplyDelete
  9. Mas, mau tanya bgmn kl mau googling nya aja udah di blog sama kantor :p

    thanks before!

    ReplyDelete
  10. cara buka situs yang block gman??? saya sudah coba buka di google tapi hanya bisa buka sampai login aja, begitu saya masukan login... tapi ttp gk bisa. bisa bantu buka gk???

    ReplyDelete
  11. saya pake jaringan WI-FI, trus banyak banget situs yang diblok sampe2 FB jg diBlok, nah.. gimana cara buka situsx boss?? Please...

    ReplyDelete
  12. saya pengguna WIFI (hot spot), nah gimana carax supaya waktu loading ato lg surfing, bisa lebih cepat (gak lambat loading..)?? Thanks b4...

    ReplyDelete
  13. msh d blok j9 b4n9..ada cra lain nda?
    Kirim lwt email y b4n9..klu ada cra lain.!thkz b4

    ReplyDelete
  14. gimana cara buka situs yg diblok...soalnya di kantorku seperti FB, Friendster, Youtube, sampe ebuddy pun di blok..huft..udah pernah pake ninja proxy..tapi gak bisa..cm bisa nampilin aja..gak bisa diapa2in..tolong donk kalo ada cara lain yah....
    thank's before..^_^

    ReplyDelete
  15. Thank's Mas...akhirnya aku bisa nembus situs jejaring sosial yang diblok...makasih ya ....

    ReplyDelete
  16. Thanx a lot ya bro,,, akhirnya terpecahkan jg masalahnya.. thnx bro....

    ReplyDelete
  17. tolong masih ada cara yang lain ga............??????????????

    ReplyDelete
  18. Ada...... buka www.imsly.com semoga bisa membantu ^^
    my facebook / Ym : palamu_palamu@yahoo.com

    ReplyDelete
  19. Kalau gw biasa pakai ini gan, proxynya kenceng banget : http://hopnet.in/

    ReplyDelete
  20. Ckckckckck Sluttgann>.. MAntabbb carana Thx Yoo GBU ^^

    ReplyDelete
  21. I guess that to receive the mortgage loans from creditors you must have a firm reason. However, one time I've got a short term loan, just because I wanted to buy a building.

    ReplyDelete