Friday, August 8, 2008

Blog Plagiarism ~ Sebuah Ironi Maya

Page copy protected against web site content infringement by Copyscape

 

Habis magrib td gw iseng buka-buka blog, siapa tau ada komen baru yg masuk. Saat itu, entah kenapa, terbersit rasa ingin tahu, seberapa terkenal sih blog butut gw ini. Gw coba cek di google. Hmmm ... lumayan, beberapa tulisan gw muncul di daftar teratas hasil pencarian google. Yah lumayanlah. Pas gw iseng ngeliat daftar web lain, kok ...... ada beberapa alamat website yg bukan alamat blog gw tapi isinya persis banget dengan postingan di blog gw ?

Well, emang blog ini sempat gw feed ke beberapa website lain, jadi tiap kali gw punya tulisan baru, tulisan tersebut akan muncul di beberapa website lain dengan RSS feed dr blog gw. Tapi, yg gw temukan ini berbeda. Ada beberapa website yg jelas-jelas mengutip beberapa tulisan di blog gw mentah-mentah, sama persis, dan itu jelas-jelas bukan karena feed. Ada juga yg ngutip sebagian isi tulisan, sebagian lagi dihapus, tapi kata-katanya masih sama persis, jadi gw tau kalo itu tulisan gw. Kesannya, ada yg 'ngutil' tulisan dr blog ini.

Sebenarnya, ada rasa bangga kalo tulisan dr blog butut ini berguna untuk orang banyak ... hehehe ....(mulai deh narsis lagi). Jadi buat pembaca, silahkan aja gunakan informasi yg ada di blog ini, ntah itu mau ditulis ulang kek, atau mau diperbaharui informasinya atau apa aja. Tapi yah, kalo bisa, tolong, jangan dikutip mentah-mentah tulisan saya di website lain. Kalo pun mau dikutip mentah-mentah, mohon tuliskan sumbernya berasal dr blog ini. Jelek-jelek gini, nulis satu artikel blog bisa makan waktu berjam-jam. Nggak jarang, saya harus menyiapkan bahan tulisannya berhari-hari, menguji beberapa tips atau guide yg ada dan lain sebagainya sebelum menuliskannya di blog.

So, please, at least, acknowledge this poor author and his blog. Okay ?

Saya yakin, blogger-blogger lain yg tulisannya populer di dunia maya, pasti merasa kesal kalo tulisannya yg udah capek-capek dibikin, tiba-tiba dikutip website lain tanpa ada permintaan izin dr si empunya website, syukur-syukur kalo sumbernya dituliskan. Negara kita ini udah dicap sebagai salah satu negara pembajak terbesar di dunia, kan ironis kalo nanti ditambahin dengan gelar lain : negara pembajak artikel blog terbesar di dunia :mrgreen:

Plagiarism, neither it shows you're smart nor creative, it will only mention your stupidity and incompetence to the public ;)

------

image taken from : http://21cif.imsa.edu/resources/lapackage/images/theif1.jpg

5 comments:

  1. Really clever information))might use it))

    ReplyDelete
  2. У Вас с кодировкой все в порядке - последний коментарий на каком языке? :)

    ReplyDelete
  3. Payd Catalog scriptScanerlink is a Professional script for best catalogs. Scanerlink has a professional bakclinks and indexation checker, optimized for SEO.

    ReplyDelete