Monday, July 23, 2007

Bubarkan saja IPDN !!!

Kekerasan IPDN 

IPDN lagi ... IPDN lagi. Entah apa yang ada di benak para praja IPDN ini. Bukannya mengurangi atau menghilangkan aksi kekerasan yang sudah mendarah daging di institusinya, eh malah menambah daftar panjang korban yg tewas karena penganiayaan para prajanya. Korban yang apes kali ini bukan praja IPDN sendiri, melainkan warga lokal di Jatinangor. Masalahnya juga sepele, cuman gara-gara api rokok korban yang tidak sengaja mengenai salah seorang praja, akhirnya si korban dikeroyok sampe akhirnya meninggal dunia setelah sebelumnya sempat diselamatkan satpam di lokasi kejadian.

Belum lepas dr ingatan, kematian Cliff Muntu, praja IPDN yang dianiaya rekan-rekannya sendiri. Sekarang malah warga non-IPDN yang jadi korban. Ini sudah jadi bukti yg nyata kalo IPDN sudah benar-benar 'sakit' luar dalam. Mulai dari Rektor sampe Praja kayaknya sudah menjadikan kekerasan sebagai 'menu' harian mereka. Seperti yg sudah-sudah, mereka seolah dengan santainya melakukan aksi tutup mulut atas kejadian yang melibatkan praja-prajanya. "Penganiyaan itu kan masih dugaan ... " itu kata yg keluar dari mulut orang-orang 'kuat' IPDN, tanpa sadar kalo masyarakat luas sudah muak dengan kelakuan arogan dan brutal mereka.

Saya dulu termasuk salah satu orang yang kurang setuju kalo IPDN dibubarkan, karena menurut saya itu nggak akan menyelesaikan masalah. Tapi kejadian kemarin akhirnya mengubah pendapat saya terhadap IPDN. Enough is enough.

Institusi ini harus dibubarkan !!! 

Mungkin ini nggak akan menyelesaikan masalah secara langsung, tapi setidaknya pembubaran IPDN akan menghentikan kebrutalan yang seolah sudah jadi trademark IPDN, termasuk sikap arogan para pimpinan institusi yg berada di bawah Departemen Dalam Negeri ini. Kalaupun dipertahankan, saya pikir masyarakat sudah tidak lagi menganggap IPDN sebagai tempat yang 'aman' untuk menjamin masa depan putra-putrinya, ditambah lagi sebagian kepala daerah di beberapa propinsi sudah menyatakan tak akan mengirim kontingen dari daerahnya untuk menimba ilmu di IPDN. Ibaratnya, IPDN sudah di-blacklist oleh masyarakat luas. Kalo sudah nggak ada kepercayaan dr masyarakat luas, buat apa dipertahankan lagi kan ??

Semoga pemerintah bisa mengambil langkah yang benar dalam menyikapi kejadian ini. Jangan terlena dengan nama besar IPDN di masa lalu. Pandanglah dengan hati nurani. Bagaimana bila putra-putri anda mengalami nasib yg sama seperti korban-korban IPDN sebelumnya, yg kasusnya seolah ditutup2i ? Apakah anda tetap akan diam saja ? Gimana mau jadi lurah, camat atau gubernur kalo sejak awal sudah dididik seperti pembunuh ? Mau jadi apa bangsa ini kalo pemimpinnya brutal seperti itu ?

31 comments:

  1. IPDN lebih baik di bubarkan aja karena kalau di lihat apa yang terjadi mereka bukan calon birokrat lagi mereka adalah calon penjahat........

    ReplyDelete
  2. IPDN...FuckinG bUsYet..
    maSuk suSah2 dSana mAlah diAniaYa,,,LihatLah tAruna2 miLiter bGitu GagahNya tAnpa diAniaya...

    ReplyDelete
  3. mOtheR fuCker oF IPDN.....
    suKanyA ngAniaya,,coBa kLo qM dgiTukan ,,saKit g'RasAnya

    ReplyDelete
  4. menurut gw !!!!!!!!!!!!!!!!!!!! bukan sekolahnya yg di bubarin tapi siswa2nya yg menganiaya yg harus dikasih sanksi seberat-beratnya atas apa yg mereka perbuat...............

    ReplyDelete
  5. kalo emang laki-laki ya satu2 donk,,,,,,, tapi kalo bencong ya kayak lo lo pade, pakek kroyokan kayak setan belang. bencong,,,,,,,,, dasar bencong.

    ReplyDelete
  6. Sebenarnya, tu sekolah untuk latihan smack down, apa.....?
    pantasan manusia-manusia yang tamat dari IPDN cuman menang fisik, dan mempunyai moralitas yang benar-benar jorok.
    tutup aja tu IPDN yang memalukan.

    ReplyDelete
  7. menurutku sekolahnya jangan di bubarin.soal kasus penganiayaan itu,para pelakunya aja yang di sanksi seberat2nya.IPDN berubahlah menjadi yang terbaik

    ReplyDelete
  8. IPDN, Institut Preman Dalam Negeri. Mw jd apa sie sekolah menggunakan praktek kekerasan ky gt??!! mw jd camat aja kok repot bnget!! msti digebukin ky gt!! mank mw jd camat dmn toh? kok pake pelatihan fisik segitunya??!!
    kalo mw sok jd preman, sna dijalanan adu fisik sm preman beneran, berani kagak?? jgn beraninya ama junior doang!!! dasar praja senior ipdn semua nya gila!!!!

    ReplyDelete
  9. satu lagi....
    percaya ato gak percaya, staf-staf ipdn semuanya tau mengenai kekerasan yang slalu terjadi di dalam sekolah sok preman itu!!! boong banget kalo blang ga tau-menau soal gojlokan fisik ky gitu!! orang dalam ipdn juga semuanya pada ga waras-waras. sekolah kok isinya orang-orang yang ga beres semua!!!

    ReplyDelete
  10. IPDN? Jangan Loe siska ya kk gUa kaLo maSuk T4 Loe!!!

    ReplyDelete
  11. ak g berharap IPDN di bubarin,cm yang terpenting IPDN itu bth perbaikan yang sempurna,mulai dr praja2ny yang bth ttg sentuhan keagamaan.bth pengertian dr orang tua.Awal tndk ke2rasan bz berawal dr ling keluarga,krn bersosialisasi pling utama adlh dlm keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks buat komennya ya (tidak mengandung unsur negatif)

      Tapi begini ya...

      1. tidak ada yang namanya "Kesempurnaan" dalam kehidupan ini, pahamilah bahwa segala sesuatunya hanya maksimal dan tidak sempurna, jadi jangan berharap dengan PERBAIKAN yg SEMPURNA, yg ada hanya "lebih baik", "lebih unggul" dan lain-lain... jadi mari kita berharap yg terbaik.

      2.dalam hel keagamaan sudah tentu ada, semua itu kembali lagi pada pribadi masing-masing bagaimana kehidupan beragamanya.

      3.kekerasan "bisa" berawal dari lingkungan keluarga, karena faktor sosialisasi dlm keluarga...
      bgni, kita jangan ego dengan keadaan lingkungan kita, tidak semua manusia mamulai karirnya dari 0 (nol), tidak semua keluarga BISA mendidik anaknya, dan memang benar keluarga adalah tempat mendidik anak 1# dalam hidup ini, tapi tidak semua manusia bisa berparilaku seperti apa dan bagaimana hanya berdasarkan sosialisasinya dlm KELUARGA, dari pengalaman saya, keluarga bukanlah tolak ukur keberhasilan anaknya di masa yg akan datang, keluarga juga bisa jadi penghancur masa depan anaknya sendiri, pikirkan lagi... apa saya salah??
      karena hobby anda dan karir anda adalah PILIHAN anda... bukan KEINGINAN keluarga... fasilitasi anak dalam mencapai tujuan dan cita-citanya adalah suatu landasan awal keharmonisan dalam keluarga, dan tdk di lihat dr segi umur...

      maksud saya, biar saja berjalan apa adanya, jalan hidup berbeda, dan yg menjalaninya punya sifat dan watak yg berbeda, peran orang tua hanya sebagai pendukung anak, yaahhh seperti itulah kira-kira, saya hanya mengoreksi komen anda, maaf kalo ada salah kata.

      Delete
  12. kalaw kata ak mah...
    lebih baik anak2 yang nakal alias badung itu di keluarin & nanati pas penerimaan praja baru seleksi dulu, mana yang baik n yang jahat.jadi kalaw nak IPDN yang diterimanya yang baik2 ga bakalan deh ada yang macam-macam.
    bener ga?????

    ReplyDelete
  13. IPDN sich sebaiknya jgn d bbrin dech, lebih baik di perbaiki saja kan..............
    di perbaiki maksudnya didalam ospek KEKERASAN tidak ada lagi atau kata lain kekerasan di Hapus..............

    ReplyDelete
  14. aku orang yang paling gaQ setuju klo IPDN dibubarin,, Tau kenapa??
    cz IPDN tu institut yang aku impi2kan sejak dulu,,,

    ReplyDelete
  15. oi bos...
    klw mank dah kras ...
    jngan pkuli junior ...
    krna brani one bye one ...

    ReplyDelete
  16. tiap sekolah kedinasan psti ada yg nama y kekerasan.. kalo gak mau kekerasan ya tidur sana ma mama...

    ReplyDelete
  17. minum susu kalo gak mau kekerasan biar sehat.......

    ReplyDelete
  18. surut dah niat buat masuk kampus ternama,,(((ternama gara2 aksi kekerasannya..))wkwkwk
    jadi pengen nangis ingat kasus ka cliff...
    c..u...in nirvana brother..

    ReplyDelete
  19. IPDN Tidak Usah Dibubarkan...kita membutuhkan calon2 Pemimpin yang bisa diandalkan...jangan hanya pemimpin yang haus akan uang....lagipula IPDN sekarang tidaklah sama yang dulu, cara mendidiknya pun udah berubah...jadi terus dukung IPDN....

    ReplyDelete
  20. kalian ga ngerti untuk jadi pemimpin tu gmana, smua tu susah, jadi kalo ga dengan cara didikan gini, pemimpin ga ada artinya

    yang ada pemimpin malah takut menhadapi rakyat

    ReplyDelete
  21. bubarkan saja stpdn... ups salah ipdn, kalo stpdn udah bubar sebelum dibubarin...hidup unpas wkwkwkwk ga nyambung...emang gw ga ngerti lo lo pade ngomong apaan..

    ReplyDelete
  22. saya ingin masuk ipdn..karena saya ingin mati...
    bosan hidup sakit hati terus...

    ReplyDelete
  23. BUBARKAN SISTEM PEMASUKAN CAPRA YANG GAG BENER DI PUSAT-PUSAT PEMERINTAHAN DAERAHNYO....
    ITU YG NYEBABIN TERJADINYA KEKRASAN DI IPDN..COZ COZ PREMAN BERDASI BISA MASUK KESONOH... HADEUH.....

    ReplyDelete
  24. mengapa IPDN melakukan kekerasan seperti itu??
    apakah IPDN dilatih untuk berkelahi sesama manusia??
    prilaku seperti itu sama sekali dengan anak SMA..
    seperti ngga beragama saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. pikiran sempit seperti anda tidak bermanfaan bagi KAMI...
      gunanya ada, dan bertolak belakang dengan yang anda pikirkan...
      yahhhh.... saya kasihan dengan pemahaman sempit anda, teori dan praktek itu berbeda beda bung, jangan sok tau, belajar lagi sana haha... anda itu hidup di ATUR oleh PEMERINTAH, jangan ngatur PEMERINTAH tentang apa yang seharusnya mereka lakukan, anda pernah lihat pegawai lulusan STPDN-IPDN berkelahi??? saya rasa tidak,

      dan jangan asal umbar masalah PUNYA AGAMA dan tidak ya...
      krna itu api kecil yg berbahaya... mengundang perang agama, hati2 kalau menulis atau komen ya...

      Delete
  25. senior perutnya buncit2 ja pake gaya2 mukulin juniornya,,
    coba tu seniornya suruh mukulin preman-preman yang di luar sana, paling juga kaga berani,,
    braninya cuma ma junironya doang,!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh aduh... harry, kau tau apa?
      jangan hina senior KAMI, mereka adalah PENOLONG kami saat di dunia kerja,
      sesusah apapun keadaan mereka, mereka akan SELALU ADA untuk kami..
      kami selalu DILINDUNGI MEREKA DALAM KEADAAN APAPUN, PERSAUDARAAN YG ERAT HANYA ADA DI STPDN-IPDN.

      oh iya, otak kau itu tolong ya,, belajar yg banyak... haha

      KEKELUARGAAN KAMI ADALAH YG TERBAIK!!!!

      Delete
  26. senior nya jago kandang ..coba kalo by one..??
    berani gaa bancii !!!

    ReplyDelete
  27. AKU BANGGA JADI WANITA PRAJA IPDN...
    buktinya sekarang aku sehat-sehat aja...

    sekedar kasih tau "GAK SELAMANYA APA YANG KITA LIHAT ITU BENER"
    yang terjadi biarlah terjadi, yang buruk gak akan selamanya buruk khan...!!!!?
    ada sisi baik and ada sisi buruknya...
    tinggal bagaimana kita menanggapinya secara bijak aja...

    ReplyDelete
  28. maaf kalo saya baru baca artikel ini..
    begini...

    masing-masing dari kita punya jalan hidup berbeda, jangan merasa hanya anda sendiri yg punya otak dan hanya anda sendiri yg bisa berpendapat, haha orang lain juga sama berharganya dengan anda...
    dunia yg kita tempati saat ini adalah "panggung samdiwara", itu artinya bagi kalian yg sempit otaknya jangan sok tau... kalian dan saya semuanya pantas hidup di dunia ini, kt pantas mendapatkan semua yg kita inginkan/capai, entah itu persahabatan, keberhasilan, harta, power, freeman live, pendidikan, istri, mantan, anak, dan lain sebagainya... kt semua hidup dlm jaringan spider web yang artinya saling terkait satu sama lain, dan pusat dari segala-galanya adalah uang, kekuasaan, dan power (dalam kehidupan DUNIAWI kita).

    maksud saya adalah, jika ada yg mengganjal di hati atau benak saudara, jangan langsung di ungkapkan atau ditulis di media apapun, karna apa?
    karena anda akan malu sendiri kalau saja ada tau fakta cermin diri anda sendiri jika kita berbalik sejenak dan lihat SIAPA kita? apa yg selama ini kita LAKUKAN, dan untuk apa kita HIDUP???

    jalan kita berbeda, keluarga kita berbeda, segala hal tentang kita semuanya berbeda, apa yang kita miliki sekarang hanyalah KEBEBASAN yang ABSOLUT dalam memilih jalan kita masing-masing...

    untuk penulis artikel saya ingatkan ya, jika sampai HANYA karna artikel ini hidup anda jadi bermasalah di kehidupan yg akan datang entah itu anak atau cucu anda, jangan sesali artikel ini ya... karena kehidupan anda dikelilingi oleh PEGAWAI NEGERI SIPIL (PEMERINTAH)

    artikel ini juga menjadi bahan bagi saya, untuk apa?
    ya suka-suka sayalah, nyawa ini punya saya hehe (PAHAMI MAKSUD dan NIAT SAYA BAIK-BAIK dan TANAMKAN DI BENAK ANDA!!!) salah mengarttikan, itu jalan masalah anda sendiri...
    KARMA BERLAKU BAGI SIAPA SAJA...

    ReplyDelete