Pages

Thursday, July 27, 2006

CReASINDO Digitasi Update 0.9.6 Part 2

Untuk pertama kalinya dalam sebulan terakhir, gw nggak ngegame kalo malam emoticon. Gw lg penasaran banget dengan program gw, ujung2nya, gw coding sampe lebih dari 6 jam semalam. Alhamdulillah, rasa penasaran itu terjawab semua, nggak sia2 gw coding habis2an semalam. Hasilnya gw dapat beberapa bug baru dan sebagian sudah gw perbaiki. Nggak cuman bug, gw jg tambahkan fitur baru untuk program ini.

Nah fitur ini yg sebenarnya bikin gw begadang semalam, padahal solusinya simpel banget.

CReASINDO Digitasi Bugs so far :

  • Error Loading Data, Method 'Cell' failed on IVSFlexgrid  (26 Juli 2006).  Gw sudah dapat penyebabnya, tapi belum tau pasti kenapa bug ini muncul. Soalnya munculnya nggak konsisten, sekali-kali aja, dan biasanya muncul kalo database yang di load luar biasa besarnya. Dugaan gw, ada masalah dengan metode cell(flexcppicture) yg membuat memori jadi nggak stabil, soalnya setelah fasilitas gambar sel gw disable, error ini nggak pernah muncul lagi.
  • Variabel counter untuk proses LoadDialog Data masih bertipe Integer (26 Juli 2006). Bug ini sebenarnya belum muncul, tp setelah gw liat jumlah counter record data sinoptik yang sudah nyampe angka 20000an, gw yakin kalo nanti program bakal error kalo datanya nyampe angka 30000an. Tipe data Integer cuman punya nilai maksimal sampe 32767. Bug ini sudah diperbaiki untuk tiap data (Synop, FKlim dan CH), dengan mengganti tipe data counter dengan Long Integer (max value = 2147483647).
  • Save as Error untuk Form FKlim (19 Juli 2006).
  • Pengisian tanggal 31 pada bulan2 dengan tanggal maksimal 30 (misal april, juni dll) (19 Juli 2006).

 

CReASINDO Digitasi New Feature :

 

Salah satu bagian program yg sebenarnya sepele tapi punya pengaruh besar untuk performa program dan jg berpengaruh secara psikologis kepada pemakai adalah penggunaan progress bar. Progress bar memberikan informasi secara detil tentang proses yang sedang berjalan pada program, dan secara psikologis memberi informasi bahwa program tidak 'macet di tengah jalan' alias hang kepada pemakai, sehingga pemakai menjadi lebih tenang.

Awalnya gw pikir progress bar nggak terlalu diperlukan dalam program gw. Cuman setelah data sinoptik yang tersimpan di database sudah sedemikian 'membengkak', proses loading daftar data jadi makin lambat dan program menjadi seperti hang (kurang lebih 20 detik). Dan akhirnya gw putuskan untuk menambah fasilitas ini  ke program gw.

Ternyata nggak gampang membuat progress bar kalo program sudah kompleks. Ada bagian2 vital yang harus gw edit hati2 supaya programnya nggak malah error. Disinilah gw dapat pelajaran2 baru yg penting (makanya gw nggak nyesal coding semalaman emoticon), antara lain :

  • Form Events : Activate dan Load, walaupun mirip ternyata sangat berbeda. Prosedur2 dalam Event Load tidak akan ditampilkan sebelum form ditampilkan dengan metode show atau setfocus. Sedangkan Event Activate akan berjalan setelah form ditampilkan dengan metode show atau setfocus. Kesimpulannya gw sementara ini, gunakan event Form_Load untuk inisialisasi objek pada form jika form tidak ingin ditampilkan terlebih dahulu dan gunakan event Form_Activate  kalo kita ingin menampilkan objek segera setelah form tampil. Hal ini yg menyebabkan kenapa proses progressbar yang gw taruh di event Form_Load, nggak muncul setelah form diload. Masalah selesai setelah proses progressbar dan load data gw taruh di event Form_Activate.
  • Fungsi DoEvents. Ini juga salah satu pemecahan dari akar masalah gw selama ini. Selama ini gw bingung nyari cara supaya ketika progressbar tampil, muncul jg tulisan dibawahnya yang memberikan informasi detil proses yang sedang berlangsung secara realtime. Gw udah coba pake label.refresh, nggak berhasil juga. Labelnya sih muncul, tp nongolnya pas proses progressbar selesai, yah sama aja bohong emoticon. Seolah2 ketika progressbar lagi jalan, semua resource tertuju ke progressbar doang, dan labelnya nggak dikasih kesempatan muncul di form, mirip2 single protected-mode. Thanx to my friends at Milis ProgrammerVB, masalahnya akhirnya terpecahkan. Ternyata simpel, dengan menambahkan fungsi DoEvents (ya, hanya fungsi ini doang emoticon) sebelum/sesudah proses yg ingin ditampilkan di background, proses ini bisa kelihatan walaupun progressbar masih berjalan. 
  • Well, untuk sementara updatenya cuman itu. Ntar kalo ada waktu gw oprek lagi. Sekarang ngerjain program gw yg lain dan nggak kalah ribetnya, POK emoticon.

Tuesday, July 25, 2006

Nexus, All Mission Complete

Yes !! Akhirnya gw bisa selesaikan semua misi di Nexus. Setelah 3 bulan akhirnya tamat jg. Sayang, gw kurang sreg dengan ending, agak di luar akal sehat, cuman yah, namanya jg game, nggak usah terlalu dipikirin emoticon.

Misi yg paling terakhir sebenarnya nggak terlalu susah. Yg paling susah itu misi kedua dari akhir, tp misi itu jg yg paling seru. Perang luar angkasanya gila2an emoticon, pesawat luar angkasa yg ikut perang mungkin elbih dari  20an, blom terhitung  fighter atau bomber untuk tiap pesawat. Pada main rudal pula, monitor gw sampe sering silau kalo rudalnya meledak. Hancur2an lah pokoknya. Dari sekitar 10 pesawat luar angkasa yg gw punya, cuman 4 yg selamat emoticon, sisanya hancur atau dihisap black hole.

Misi terakhir rada bikin bingung, tp sebenarnya gampang kalo udah tau triknya. Tapi yg paling gw suka dari misi terakhir ini adalah tampilan grafisnya. Dari semua misi di Nexus, tampilan grafis di misi ini yg benar2 paling enak diliat mata. Efek cahayanya luar biasa. Salutlah sama yg bikin nexus.

 

Di misi terakhir ini, gw cuman pake satu pesawat, Angelwing. Misinya sederhana, cuman nutup entity gate dan yg terpenting jangan sampe kehisap blackhole raksasa. Sempat ada perangnya, tp musuh yg ada di misi ini cupu pisan, nggak ada shieldnya, dihajar sekali jg hancur.

Rasanya puas banget setelah namatin ceritanya. Kalo diliat dari  endingnya sih kayaknya game ini masih ada sekuelnya. Kita liat aja nanti emoticon.

Monday, July 24, 2006

About Me

Personal

Name : Ardhi Adhary Arbain
Age : 26
Location : Menteng, Jakarta Pusat, Indonesia
Hometown : Balikpapan, Makassar
Hobby : Reading, Gaming, Programming, Blogging, Watching Movies
Occupation : Meteorologist, Data Analyst, Programmer, Radar Operator

Office
  • TISDA NEONet Laboratory, Agency for the Assessment and Application of Technology (BPPT), 1st Building 20th floor, Jl.M.H. Thamrin No.8 Jakarta 10340, Telp. 021-3168908, 3169711
  • Geostech Laboratory,  Building 412 2nd floor,  Center for Research Science and Technology (PUSPIPTEK), Serpong
  • C-Band Atmospheric Radar Site, Weather Modification Technology Laboratory PUSPIPTEK, Serpong

Affiliations

  • Radio Atmospheric Science Laboratory (RASL) and Meteorological Analysis Laboratory (MAL), Labtek XI, Departement of Geophysics and Meteorology, Bandung Institute of Technology (ITB), Jl. Ganesha 10 Bandung
  • PT. Mandiri CReASINDO, Jl. Kalasan No.1 Menteng, Jakarta

Links and Email

 

Friday, July 21, 2006

Zidane HeadButt in Game :lol:

Piala dunia sudah selesai lebih dari seminggu, banyak cerita seru dibalik event akbar lima tahunan tersebut. Tapi, untuk piala dunia tahun ini, nggak ada yg lebih heboh dibandingkan 'kisah' tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi di final piala dunia. Biarpun masalah sudah diselesaikan FIFA, dan hukuman sudah diterima kedua pemain, kejadian di final ini masih hangat dibicarakan dimana2. Bukan cuma di dunia olahraga, tp jg di tempat kerja sampe di sekolah dasar cerita berlanjut. Tapi yg bikin gw geli, ternyata ada orang2 'kreatif' (ingat, dalam tanda kutip emoticon) yang membawanya ke dunia game. Game ? Iya Game. Lebih tepatnya lagi game gontok2an alias Fighting Game.

Kemarin gw iseng browsing ke forum MUGEN Guild (www.mugenguild.com). Sebenarnya sih tujuannya mau cari karakter baru buat game MUGEN gw.

Ada yg blom tau MUGEN ? 

MUGEN atau tepatnya M.U.G.E.N, adalah engine game fighting 2D opensource keluaran Elecbyte. Karena opensource, pengguna jg bisa memodifikasi game selain sekedar memainkannya. Misal membuat karakter baru, mendesain tampilan game sampe memodfikasi gameplay dan sistem game itu sendiri. Intinya, kita bisa mebuat game fighting 2D kreasi kita sendiri dengan MUGEN. Oleh karena itu, bukan hal yg aneh kalo dalam MUGEN, ada pertarungan antara DOraEMON vs Ryu (StreetFighter) emoticon. Untuk informasi lebih tentang MUGEN silahkan jalan2 ke : http://en.wikipedia.org/wiki/M.U.G.E.N

Kembali ke masalah Zidane tadi, waktu browsing ke Forum MugenGuild , ternyata ada salah satu anggota forum yg bikin karakter Zidane. Lucunya, penampilan 'si Zidane digital' ini persis sama dengan penampilannya di piala dunia tahun ini. Lalu, gimana teknik berantemnya ?


 

Hehehe ... seperti yg anda duga sebelumnya, ternyata yg diekspose adalah 'Teknik Tandukan Banteng' Zidane di piala dunia emoticon. Parahnya karakter ini cuman bisa nanduk doang, tp nggak bisa mukul atau nendang. Untuk teknik tandukan sampe ada Hyper Arts-nya segala emoticon.

Ah ... andaikan ada yg bikin karakter Materazzi buat lawan tandingnya Zidane, pasti seru .. hehehe.

 

-----------------------------------------------------------

nb : Buat yg udah tau atau pernah nyobain MUGEN, karakter Zidane bisa didownload di : http://es.geocities.com/mugen_imperium/index.htm (karena koneksinya dibatasi cuman sampe 100 koneksi per jamnya, terkadang halaman web ini nggak bisa dibuka, jd kalo gagal, coba aja lain kali emoticon.

Antara Keluarga dan Pekerjaan

Barusan ada postingan nyasar ke Milis programmer VB, awalnya gw cuekin, tp akhirnya iseng gw baca jg. 
 
Saya menabrak seorang yang tidak dikenal ketika ia lewat. "Oh, maafkan saya", adalah reaksi saya. Ia berkata, "Maafkan saya juga, saya tidak melihat anda". Orang tidak dikenal itu, juga saya, berlaku sangat sopan. Akhirnya kami berpisah dan mengucapkan selamat tinggal.
Namun cerita lainnya terjadi di rumah, lihat bagaimana kita memperlakukan orang-orang yang kita kasihi, tua dan muda. Pada hari itu juga, saat saya tengah memasak makan malam, anak lelaki saya berdiri diam-diam disamping saya. Ketika saya berbalik, hampir saja saya membuatnya jatuh.
 
"Minggir !" kata saya dengan marah.
 
Ia pergi, hati kecilnya hancur. Saya tidak menyadari betapa kasarnya kata-kata saya kepadanya. Ketika saya berbaring di tempat tidur, dengan halus Tuhan berbicara padaku,
 
"Sewaktu kamu berurusan dengan orang yang tidak kau kenal, etika kesopanan kamu gunakan, tetapi anak-anak yang engkau kasihi, sepertinya engkau perlakukan dengan sewenang-wenang. Coba lihat ke lantai dapur, engkau akan menemukan beberapa kuntum bunga dekat pintu.""Bunga-bunga tersebut telah dipetik sendiri oleh anakmu; merah muda, kuning dan biru. Anakmu berdiri tanpa suara supaya tidak menggagalkan kejutan yang akan ia buat bagimu, dan kamu bahkan tidak melihat matanya yang basah saat itu."
 
Seketika aku merasa malu, dan sekarang air mataku mulai menetes. Saya pelan-pelan pergi ke kamar anakku dan berlutut di dekat tempat tidurnya,
"Bangun, nak, bangun", kataku. "Apakah bunga-bunga ini engkau petik untukku?". Ia tersenyum, "Aku menemukannya jatuh dari pohon.""Aku mengambil bunga-bunga ini karena mereka cantik seperti Ibu. Aku tahu Ibu akan menyukainya, terutama yang berwarna biru." Aku berkata, "Anakku, Ibu sangat menyesal karena telah kasar padamu. Ibu seharusnya tidak membentakmu seperti tadi". Si kecilku berkata, "Oh, Ibu, tidak apa-apa. Aku tetap mencintaimu". Akupun membalas, "Anakku, aku mencintaimu juga, dan aku benar-benar menyukai bunga-bunga ini, apalagi yang biru."
 
Apakah anda menyadari bahwa jika kita mati besok, perusahaan di mana kita bekerja sekarang bisa saja dengan mudahnya mencari pengganti kita dalam hitungan hari? Tetapi keluarga yang kita tinggalkan akan merasakan kehilangan selama sisa hidup mereka. Mari kita renungkan, kita melibatkan diri lebih dalam kepada pekerjaan kita ketimbang keluarga kita sendiri, suatu investasi yang tentunya kurang bijaksana, bukan? Jadi apakah anda telah memahami apatujuan cerita di atas ? Apakah anda tahu apa arti kata KELUARGA ?
Dalam bahasa Inggris, KELUARGA  = FAMILY.
 
FAMILY = (F)ATHER (A)ND (M)OTHER, (I), (L)OVE, (Y)OU
 
Habis ngebaca tulisan ini, gw sedih jg. Sedih dgn diri sendiri. Cerita ini mirip dengan yg gw alami sekarang. Selama ini gw memang jauh lebih mengutamakan pekerjaan di atas segalanya. Gw jarang ketemu keluarga, gilanya, kadang2 gw lalai sholat gara2 kerja emoticon. Gw tau itu salah dan gw harus bisa mengubah gaya hidup gw, walaupun itu susah.
 

Wednesday, July 19, 2006

CReASINDO Digitasi Update 0.9.6

Karena permintaan klien, program ini gw update lg.

1. Fitur Tambahan

  • Fungsi Save As untuk Synop dan CH (tdnya gw kira fungsi ini nggak perlu2 amat, makanya nggak dibikinin).
  • Fungsi Backup File Database Referensi, Observasi dan Options (menurut KaBid Instansi yg mesan program ini, banyak "maling" data di kantornya emoticon, makanya gw buatkan fungsi ini). Path file backupnya gw rahasiakan untuk keamanan data.

2. Bugs yg ditemukan

  • Pada pengisian data FKlim, user bisa mengisi tanggal 31 pada bulan2 April, Juni, September, dan November (Untuk yg satu ini, gw benar2 lupa gara2 ngurusin yg bulan di tahun kabisat - februari).
  • Fasilitas Save As untuk sementara nggak bisa dipakai (di non aktifkan) untuk data FKlim, soalnya perubahannya berpengaruh ke struktur basis data program.
  • Terakhir ... sistem update program dgn Visual Studio Installer. Sampe sekarang gw belum ketemu cara supaya updater nggak perlu muncul di daftar Add-Remove Program emoticon.

 

Tuesday, July 18, 2006

Nexus - The Jupiter Incident

 

Dari pada ngomongin kerjaan yg bikin pusing, mendingan ngomongin soal game emoticon. Lagian udah lama banget nggak ngomongin game semenjak EE2 kemarin. So, sekarang gw pingin sedikit review dengan game yg akhir2 ini suka gw mainkan.

Game ini sebenarnya bukan game baru, keluarnya jg kalo nggak salah tahun 2004 kemarin. Nexus - The Jupiter Incident (namanya sama dgn merk USB flash gw emoticon), adalah salah satu game yg sebenarnya memiliki tipe dasar sebagai game Real-Time Strategy (RTS), tapi memiliki gameplay mirip dengan game simulator. Mungkin karena sebab itu, game ini punya tipe (genre) tersendiri  yg gw sendiri baru dengar: Tactical-Fleet Simulator (TFS).

 

Kalo diterjemahkan secara kasar sih artinya : Simulator-Armada Taktis.

Salah satu kemiripan TFS dang RTS adalah pemain diberi beberapa unit tertentu untuk menjalankan setiap misi, kalo di Nexus unit-unit ini berupa pesawat luar angkasa. Ini mungkin mirip dengan RTS seperti AOE (Age of Empires) atau EE (Empire Earth) yg biasanya berupa Villager. Bedanya adalah, kalo di RTS, pemain harus mencari resource supaya unit2nya (atau bangsanya) menjadi lebih kuat, sedangkan di TFS, pemain nggak perlu mikirin soal resource. Resource akan otomatis di dapat setiap pemain menyelesaikan setiap misi.

Terus apa miripnya dengan game simulator ? OK. Di sinilah yg membedakan Nexus dgn game RTS lain.

Sebenarnya gameplaynya nggak beda2 jauh dengan RTS, lu dikasih beberapa pesawat luar angkasa, lu tinggal ngatur strategi yg cocok buat mengendalikan pesawat2 itu. Bedanya, kalo di RTS, mungkin kita pernah mendengar sistem Hit and Run (forget), pilih unit2 yg ingin digunakan dengan mouse, terus klik kanan sasaran yg ingin dituju atau diserang. Setelah itu kita bisa tinggalkan unit2 tadi untuk mengurusi hal lain, misalnya mengupgrade pasukan atau mencari resource. Nah, kalo di Nexus, hal ini nggak selamanya berlaku.

Tiap unit di Nexus ditampilkan full-3D dengan 3rd person view, jd pemain bisa melihat apa yg terjadi dengan unit2 ini secara detil. Mulai dari gerakan pesawat, adegan perang dan lain2, semuanya ditampilkan dengan luar biasa detil. Pernah liat adegan perang angkasa luar di Film StarWars, StarTrek atau Babylon 5 ? Nah, kurang lebih seperti itulah tampilan yg diberikan dalam game ini. Pemain bebas menentukan sudut pandang yg dia inginkan lewat mouse.

 

Buat yg pernah main HomeWorld2 (salah satu RTS yg temanya jg perang luar angkasa) mungkin bakal bilang, "Ah, di homeworld 2 jg gitu tampilannya".

Sepintas memang sama, tp Nexus lebih unggul dr segi realitas. Di Nexus, faktor2 yg berbau fisika seperti inersia,  benar-benar diperhatikan. Mulai dari Fighter berukuran kecil yg lincah bergerak sampe Battle Cruiser dengan panjang 1 mil yg lamban. Kalo pesawat2 kecil umumnya lincah bergerak, pesawat2 raksasa ini tidak bisa seenaknya berubah arah. Untuk berganti haluan, pesawat ini harus berhenti sejenak, menyalakan roket pendorong di depan dan samping pesawat untuk bisa berputar. Intinya, tiap unit di game ini ikut dipengaruhi gejala fisis yg sama dgn yg sebenarnya bila berada di luar angkasa emoticon. Itulah sebabnya, taktik Hit and Run nggak terlalu berguna di sini, setiap saat kita harus mengamati kejadian yg terjadi pada masing2 unit. Ukuran tiap unit benar2 berpengaruh waktu terjadi perang. Walaupun punya pesawat besar dengan fire power besar, kita bisa kalah cuman gara2 pesawat kita lamban dan telat muter di asteroid emoticon.

 

Kedengarannya memang mebosankan kalo kita harus tetap ngeliat pesawat2 kita setiap saat. Nah, disini kelebihan Nexus yg lain yg mungkin blom pernah gw liat di game lain. Grafisnya luar biasa bagus. Gerakan2 pesawat (biasanya pesawat yg besar2) waktu muter2 berubah arah, benar2 enak diliat. Apalagi kalo pas perang di padang asteroid, wuih, keren banget. Pesawat2 tempur kecil melesat ke sana sini, sementara yg pesawat besar sibuk berganti arah buat bisa menembakkan laser secara tepat sambil menghindari tubrukan dengan asteroid, sinar laser ada di mana-mana. Kalo VGA Card yg kita pake bagus, pemandangan yg terlihat benar2 seperti film perang luar angkasa beneran. Animasi laser, ledakan sampe jejak roket pesawat atau atmosfer planet benar2 terlihat seperti asliemoticon.

Tapi yg namanya game jg nggak lepas dr kelemahan. Buat orang yg benar2 doyan game strategi sejati, game ini pasti tetap membosankan walaupun grafisnya bagus. Lagian, menurut beberapa sumber di internet, game ini banyak mengandung bugs, dimana kalo game ini dijalankan pada komputer dengan tipe motherboard atau VGA card tertentu, gamenya bakalan mebuat window crash (walaupun gw pribadi jg blom pernah ngalamin hal serupa selama main game ini).

Gw pribadi suka game ini karena selain IT, astronomi adalah salah satu hal yg paling menarik buat gw. Kalo main game ini, kita bisa melihat panorama planet2 yg selama ini jarang di-ekspose, misalnya Jupiter atau Pluto. Bayangkan, kalo ternyata di alam semesta ini masih banyak tata surya lain yg isinya planet2 mirip Bumi dan ada mahluk lain dengan intelegensia yg lebih tinggi dr manusia. Karena kualitas grafis yg bagus, kita benar2 serasa berada di dunia lain yg benar2 asing, belum lagi musiknya yg bernuansa rada 'mistis', cocok banget kalo main game ini malam2 emoticon.

Kelemahan lain game ini adalah tidak adanya fasilitas untuk random game (skirmish) seperti yg ada di game2 RTS pd umumnya. Emang sih ada mod2 bawaan game supaya pemain bisa memainkan tema selain campaign yg ada, cuman mod2 ini bukan dibuat untuk memainkan game dengan tema sebebas yg kita inginkan.

Terlepas dr tidak adanya fasilitas skirmish, alur cerita campaign yg ada di game ini benar2 asik buat diikuti. Kita di ajak mengembara di pinggiran tata surya, masuk ke wormhole dan tiba2 keluar di tata surya lain yg benar2 asing, sampe perang dengan alien-alien dan AI dr dunia lain. Misinya mulai dari perang terbuka, sampe mengendap2 ke stasiun luar angkasa musuh di balik ribuan asteroid raksasa. Buat yg maniak game2 bertema space dan blom pernah main game ini, gw yakin pasti bakal ketagihan kalo udah main Nexus emoticon.

Monday, July 17, 2006

Half Desperate

Fuhh ... satu program gw dah kelar. Sejauh ini sih kayaknya nggak ada masalah, program gw lancar-lancar aja. Senang jg sih akhirnya program gw ada yang make, hehehe ... bagaimanapun jg ini program pertama gw yg bisa laku. Rasanya nggak percaya aja, padahal satu tahun yg lalu gw sama sekali nggak ngerti VB, dan sekarang, setahun berikutnya, gw sudah bisa ngejual program buatan gw sendiri emoticon. Well, program gw masih blom sempurna memang, tp itu masih tahap satu, tahap berikutnya pasti gw perbaiki lagi.


(picture taken from : http://www.corsini.co.uk/fineart/images/prints/desperate%20remedies.jpg) 

Tapi, seperti biasa, setelah satu masalah selesai, muncul masalah lainnya. (apa hidup emang seperti ini ya ?)

Masalah datang dari program ketiga yg sampe saat ini masih gw selesaikan. Sebenarnya masalah bukan datang dari segi teknis, tp lebih non teknis. Rencananya program ini - POK - sudah harus selesai akhir juli ini.

Dalam dua minggu terakhir gw bolak-balik ke instansi yg memesan program itu, dan sempat jg presentasi tentang program ini di depan pejabat2 terkait. Setelah presentasi mereka mengajukan berbagai kritik dan saran untuk pengembangan selanjutnya. Dan dari presentasi itu, gw jg dikasih beberapa data penunjang yg diperlukan untuk penyelesaian program ini. Di sini masalah bermula.

Saat ngobrol langsung dan menerima data dari orang teknis di sana, gw baru sadar kalo pekerjaan gw masih jauh dari selesai, dan deadline tinggal dua minggu lagi .....  emoticon

Yang bikin gw benar2 kesal sekarang adalah, kenapa data-data itu baru gw terima sekarang, kenapa nggak dari dulu2 aja sebelum presentasi emoticon. Gw kan selama ini bikin program berdasarkan data yg ada, jd kalo sekarang datanya berubah, itu berarti gw harus mengubah sistem dalam program gw ... dan itu (kemungkinan besar) mustahil dikerjakan dalam tempo dua minggu.

Damn ... gw benar2 frustrasi skrg. Sekarang gw sih cuman bisa usaha sebisanya buat nyelesain program ini sebelum deadline, tp gimana hasilnya nanti gw nggak tau ... bodo lah emoticon emoticon emoticon.

Friday, July 14, 2006

CReASINDO Digitasi 1st Edition Beres !



Finally, i did it emoticon. My second program's been finished and ready to be used. It took for almost 3 months to finish the 1st edition. Then i'll continue the development of the 2nd edition on august. There were so many experiences and occasions during the process (if you see my previous post), but i enjoyed it. This is maybe the most complex program i've ever made with VB6, and also my fav one emoticon - actually i've made 3 programs so far.

CReASINDO Digitasi (CD) was tested at BAWIL II BMG on monday, July 10th, but there was a missperception with the data entry format emoticon, so i fixed it for 2 days, and then, finally, i reinstalled and tested it again yesterday. Alhamdulillah, the test went smothly, although i saw some little bugs appeared on the test process emoticon.

Now, i just hope the program will be alright, at least until next month, when the 2nd edition is ready to use.

------------------------------------------------------------------------------------

CReASINDO Digitasi 1st Edition Spec :

1. Programming Components and Compiler

  • Microsoft Visual Basic 6 Service Pack 6
  • Microsoft ADO Data Control 6.0 Service Pack 6 (OLEDB)
  • Microsoft Common Dialog Control 6.0
  • Microsoft Windows Common Controls 6.0 Service Pack 6
  • Microsoft Access 2003  (Database)
  • Component One VSFlexgrid 8 (OLEDB)
  • Component One VSView 8 (Preview and Printing - Not Implemented Yet)
  • Adobe Photoshop 7 (Imaging and Design)
  • OsenXP Icons Pack (Icons) and Nuvola Images Pack (Pictures)

2. Min System Requirements

  • Processor Intel Pentium III 800 MHz, AMD Athlon or Compatible
  • 128 MB RAM
  • Video Adapter with 32 MB of Mem or Better (NVidia GeForce2, ATI Radeon or Better)
  • Operating System Microsoft Windows XP
  • 4 MB of free HD space (on the first install) and up to 2 GB (max database size)

3. Features

  • Management System of Synoptic, Climate and Daily Rainfall Database
  • Management System of Reference Data (Station)
  • Quality Control in the system entries
  • Statistic Calculation of each data (N, Mean, Max, Min, Standar Deviation, Dominant Wind etc.)
  • Flooding Bar system for each data cell
  • Auto Save and StartUp Options
  • User Friendly Interface (Bahasa Indonesia)

4. Bugs (What's Missing) ~ will be solved on the 2nd edition

  • Editing tools (Cut, Copy, Paste) emoticon
  • Advanced Observation Data Management System
  • Advanced Reference Data Management System
  • Charts and Diagrams
  • Data Export and Import (from/into another format, such as xls or csv files)
  • Data Availability/Bulletin
  • Preview and Printing system
  • User Accounts and Security System
  • Help and Supports
  • Data search system and etc .. (oh still, so many works to do emoticon)